KOMPARASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE UMMI DI MI AL AZHAAR BANDUNG DAN METODE AN NAHDLIYAH DI MI BAITUR RAHMAN BANTENGAN

ARFAN MALIKUSHOLIH, 12506194068 (2021) KOMPARASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE UMMI DI MI AL AZHAAR BANDUNG DAN METODE AN NAHDLIYAH DI MI BAITUR RAHMAN BANTENGAN. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Studi Komparasi Pembelajaran Al Qur‟an Metode Ummi Di MI Al Azhaar Bandung dan Metode An Nahdliyah di MI Baitur Rohman Bantengan” ini ditulis oleh Arfan Malikusholih dengan pembimbing I. Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I dan Pembimbing II. Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata kunci: komparasi, pembelajaran al qur‟an dan metode. penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kenyataan dilapangan anak anak usia sd/ mi yang belum bisa membaca al qur‟an dengan baik dan benar. kurikulum kementerian agama dengan pelajaran qur‟an hadist kenyataannya belum bisa menjamin anak usia sd/ mi bisa membaca al qur‟an dengan tartil. banyaknya sekolah yang membutuhkan solusi bagi keberlangsungan pembelajaran al qur‟an bagi siswa- siswinya. seperti halnya progam pembelajaran yang lainnya bahwa dalam pembelajaran al qur‟an juga membutuhkan pengembangan , baik dari segi konten, konteks mau pun support system-nya. sejalan dengan tantangan perkembangan zaman, tidak hanya kualitas hidup yang harus ditingkatkan tapi juga harus di imbangi dengan ilmu agama. fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) bagaimana langkah langkah pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan?; (2) bagaimana media pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan?; (3) bagaimana evaluasi pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan?; (4)) bagaimana prestasi pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan?; penelitian ini bertujuan untuk (1) komparasi langkah- langkah pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan; (2) komparasi media pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan; (3) komparasi evaluasi pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan; (4) komparasi prestasi pembelajaran al qur‟an metode ummi di mi al azhaar bandung dan metode an nahdliyah di mi baitur rohman bantengan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pola deskriptif, jenis field research dengan komparasi konstan. lokasi peneliian di mi al azhaar bandung dan mi baitur rohman bantengan. sumber data penelitian di ambil dari tiga unsur yaitu people, place and paper. teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. analisis data penelitian ini menggunakan analisis komparasi konstan yaitu membandingkan kejadian disetiap kategori, memadukan kategori, membatasi lingkup teori dan menulis teori. untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan metode ummi yang dilakukan di mi al azhaar bandung ini dengan ayunan mengandalkan 3 sistem pilar utama yaitu: metodologi, sertifikasi ummi dan sistem yang berbasis mutu,namunyang paling ditekankan adalah sedikit teori denganbanyak praktek yang diulang- ulang, agar santri lebih terampil dalam mengucapkan makharijul huruf dengan bacaan tartil secara baik dan benar sedangkan metode an nahdliyah adalah klasikal, ceramah dan tanya jawab serta kesesuaian antara bacaan dengan ketukan; (2) media metode ummi dengan menggunakan buku praktis sama dengan metode an nahdliyah yang membedakannya metode ummi tidak memakai yasin dan tahlil dalam pembelajaran; (3) bentuk evaluasi metode ummi ada evaluasi antara guru dengan murid, evaluasi antara guru dengan kordinator guru ummi, evaluasi antara kordinator guru ummi dengan kepala madrasah dan evaluasi antara kordinator guru ummi dengan ummi foundation surabaya sedangkan metode an nahdliyah evaluasinya berpusat pada siswa; (4) nilai yang memuaskan di mi al azhaar bandung lebih banyak dari pada di mi baitur rahman akan tetapi rata-rata prestasinya lebih tinggi di mi baitur rahman bantengan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194068 ARFAN MALIKUSHOLIH
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:08
Last Modified: 02 Aug 2022 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item