STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI

YUSUP, 12201183395 (2022) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Yusup NIM. 12201183395, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag Kata Kunci: Strategi, Guru Al-Qur’an Hadits, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang kemampuan membaca Al-Qur’an dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku, sebab Al-Qur’an merupakan pedoman seluruh umat manusia. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kesulitan belajar membaca Al-Qur’an dengan strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep pembelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri? (2) Bagaimana langkah-langkah strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri? (3) Bagaimana evaluasi dari pelaksanaan strategi yang telah ditentukan? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini terletak di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, wakakurikulum, guru dan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data. dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep pembelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri adalah dengan menggunakan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan proses pembelajaran melibatkan peserta didik secara aktif serta mengacu pada buku LKS. 2) langkah-langkah strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri adalah menggunakan strategi sorogan, klasikal individu, dan klasikal baca simak. Semua strategi tersebut diaplikasikan dalam metode An-Nahdliyah 3) evaluasi dari pelaksanaan strategi yang telah ditentukan adalah mengadakan penilaian pada setiap sub bab materi dan pada akhir pembelajaran, serta mengumpulkan data seluas-luasnya guna menilai strategi yang telah digunakan apakah sudah efektif. Dan evaluasi yang disebutkan tersebut adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183395 Yusup
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:51
Last Modified: 02 Aug 2022 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28650

Actions (login required)

View Item View Item