YUSUP, 12201183395 (2022) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Yusup NIM. 12201183395, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag Kata Kunci: Strategi, Guru Al-Qur’an Hadits, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang kemampuan membaca Al-Qur’an dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku, sebab Al-Qur’an merupakan pedoman seluruh umat manusia. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kesulitan belajar membaca Al-Qur’an dengan strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep pembelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri? (2) Bagaimana langkah-langkah strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri? (3) Bagaimana evaluasi dari pelaksanaan strategi yang telah ditentukan? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini terletak di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, wakakurikulum, guru dan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data. dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep pembelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri adalah dengan menggunakan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan proses pembelajaran melibatkan peserta didik secara aktif serta mengacu pada buku LKS. 2) langkah-langkah strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri adalah menggunakan strategi sorogan, klasikal individu, dan klasikal baca simak. Semua strategi tersebut diaplikasikan dalam metode An-Nahdliyah 3) evaluasi dari pelaksanaan strategi yang telah ditentukan adalah mengadakan penilaian pada setiap sub bab materi dan pada akhir pembelajaran, serta mengumpulkan data seluas-luasnya guna menilai strategi yang telah digunakan apakah sudah efektif. Dan evaluasi yang disebutkan tersebut adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183395 Yusup |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 02:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28650 |
Actions (login required)
View Item |