PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (MATERI SHALAT JAMA’ DAN QASHAR) DI SMPN 3 SRENGAT BLITAR

SITI AISYAH, 12201183449 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (MATERI SHALAT JAMA’ DAN QASHAR) DI SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa PAI (Materi Shalat Jama’ dan Qashar) Kelas VII di SMPN 3 Srengat Blitar” ditulis oleh Siti Aisyah, NIM. 12201183449. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk’Atirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci: Hands On Activity, Hasil Belajar Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Srengat Blitar. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena cara guru menyampaikan materi menggunakan metode konvensional yang bersifat monoton dan hanya berpusat pada guru. Selain itu guru belum menguasai metode pembelajaran lainnya yang sesuai kebijakan kurikulum 2013. Sehingga tak banyak dari siswa merasa bosan, mengantuk dan berbicara sendiri yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Hands On Activity dimana nantinya siswa secara langsung dapat memahami materi melalui aktivitas pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa PAI (materi shalat jama’ dan qashar) kelas VII di SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa PAI (materi shalat jama’ dan qashar) kelas VII di SMPN 3 Srengat Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII di SMPN 3 Srengat Blitar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel dengan tujuan tertentu. Yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa model pembelajaran Hands On Activity berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai thitung adalah 2,469 dan diketahui nilai ttabel adalah 2,000 dan taraf signifikasi 0,01 6 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa besar pengaruh model pembelajaran Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa adalah yang tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183449 SITI AISYAH
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:48
Last Modified: 11 Oct 2022 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item