FITRA LAILATUL BADIAH, 12201183439 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Peserta Didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Fitra Lailatul Badiah, 2018, NIM 12201183439, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bombing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, dan Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengabaikan shalat berjamaah dan banyak anak yang kurang begitu faham dengan pembelajaran agama dan fadilah shalat berjamaah, yang mana shalat berjamaah merupakan perintah yang sangat dianjurkan dalam agama islam dengan ganjaran pahala yang besar. Melihat pentingnya melaksanakan shalat berjamaah ini, maka shalat berjamaah sangat perlu dibina pada sejak dini agar kelak ketika dewasa nantinya tidak merasa canggung untuk melaksanakannya dengan penuh disiplin atas kewajiban manusia kepada Tuhan-Nya Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana dampak dari cara yang di lakukan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah peserta didik di MTs Darissulamaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang di gunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah: melalui metode pengawasan, pengajaran, pembiasaan sehari-hari di madrasah, uswah atau teladan, dan hukuman pada siswa yang kurang disiplin. (2) hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah: kurangnya kesadaran dari siswa, kurangnya keteladanan guru dalam memberi contoh, latar belakang keluarga, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sedangkan solusi menerapkan program absensi shalat berjamaah, mengikutsertakan guru dalam shalat berjamaah, peran serta orang tua, membangun/ memperbaiki sarana yang dimiliki. (3) dampak dari cara yang di lakukan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah: menjadikan anak lebih disiplin dalam shalat, tumbuh patuh terhadap perintah guru, shalat menjadi lebih tertib dan bisa membagi waktu shalat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183439 Fitra Lailatul Badiah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:44 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28676 |
Actions (login required)
View Item |