PENGARUH KOLABORASI INTERNET DAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN LITERASI MEMBACA SISWA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

NOVI PERMATASARI, 12208183050 (2022) PENGARUH KOLABORASI INTERNET DAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN LITERASI MEMBACA SISWA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kolaborasi Internet dan Aplikasi iPusnas Terhadap Literasi Digital dan Literasi Membaca Siswa Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Novi Permatasari, NIM. 12208183050, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Internet, Aplikasi iPusnas, Literasi Digital, Literasi Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi siswa baik literasi dengan menggunakan buku cetak maupun literasi secara digital yang menggunakan media-media digital. Hal ini disebabkan masih banyak sekolah yang belum menerapkan literasi sebagai salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Literasi sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat memudahkan dalam memahami, berkomunikasi baik untuk berbicara, menyimak maupun membaca yang akan berdampak pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh internet dan aplikasi iPusnas terhadap literasi digital siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung 2) Untuk menganalisis internet dan aplikasi iPusnas terhadap literasi membaca siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung 3) Untuk menganalisis pengaruh internet dan aplikasi iPusnas terhadap literasi digital dan literasi membaca siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental dan jenis desain penelitian Quasi eksperimen yaitu posttest only, non-elquivalelnt control grup delsain. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 (internet) dan XI MIPA 5 (aplikasi iPusnas). Teknik pengumpulan data berupa hasil angket dan hasil observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran berupa internet dan aplikasi iPusnas memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi digital siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung, yang ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel homogen dengan angka signifikasi sebesar 0,037 atau dapat dituliskan 0,037 < 0,05. Artinya pada hasil penelitian untuk literasi digital, internet dan aplikasi iPusnas berpengaruh memiliki pengaruh yang signifikan. 2) Media pembelajaran berupa internet dan aplikasi iPusnas yang digunakan dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kegiatan literasi membaca siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel homogen yaitu angka signifikasi sebesar 0,001 atau dapat dituliskan 0,001 < 0,05. Artinya pada hasil penelitian literasi membaca, internet dan aplikasi iPusnas memiliki pengaruh yang sangat signifikan. 3) Penggunaan media pembelajaran berupa internet dan aplikasi iPusnas untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki pengaruh terhadap kegiatan literasi digital dan literasi membaca siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji MANOVA atau uji multivariet test yang menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 atau ditulis 0,000 < 0,05 dan 0,001 atau dapat dituliskan 0,001 < 0,05. Artinya pada penelitian ini kedua literasi yaitu literasi digital dan literasi membaca dipengaruhi oleh internet dan aplikasi iPusnas dengan sangat signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183050 Novi Permatasari
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:11
Last Modified: 02 Aug 2022 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item