ANA FITRIA, 12405183141 (2022) PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE TOKOPEDIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian MelaluiMarketplace Tokopedia”, yang ditulis oleh Ana Fitria, NIM 12405183141, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lativa Hartinityas, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan internet yang semakin berkembang maka hal tersebut menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi sangat bergantung denganinternet. Dengan adanya perkembangan teknologi seperti saat ini, sudah terdapat berbagai macammarketplace yang digunakan untuk melakukan kegiatan ekonomi.Marketplace sudah banyak tersedia di Indonesia salah satunya Tokopedia menjadi marketplace yang sering dikunjungi. Semakin maraknya penggunaan marketplace ini tidak terlepas dari beberapa hal yang mempengaruhi dalam melakukan pembelian. Sehingga penelitian ini mengangkat permasalahan persepsi risiko, kepercayaan dan online customer review yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan dan online customer review terhadap keputusan pembelian melalui marketplacetokopedia pada masyarakat di Kecamatan Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probabilitysampling.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 385 responden yang berupa konsumen pengguna marketplace tokopedia di wilayah kecamatan Bandung.Teknik analisis dengan menggunakan uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linier dan uji hipotesis.Kemudian data kuisioner dianalisis denga menggunakan analisis regresi linier berganda guna membuktikan hipotesis penelitian.Data yangsudah memenuhi uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik sehinggamemperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 2,966 + 0,083 X1 + 0,238 X2 + 0,497 X3 + e Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabelpersepsi risiko tidakberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace tokopedia, sedangkanvariabel kepercayaan dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace tokopedia.Melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel persepsi risiko, kepercayaan dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui marketplace tokopedia. Pada adjusted R squaresebesar 0,345 yang artinya sebesar 34,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh ketiga variable indepen yang sudah dijelaskan diatas dan 65,5% sisanya dipengaruhi oleh variabellain diluar variabel penelitian yangdilakukan. Kata kunci: Marketplace, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Online Customer Review, dan Keputusan Pembelian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183141 ANA FITRIA |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:12 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28689 |
Actions (login required)
View Item |