“IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN COUNTING BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 1 DI SD ISLAM NAHDLATUL ULAMA PARE”

APRILIA INTAN NUUR JANNAH, 12205183310 (2022) “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN COUNTING BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 1 DI SD ISLAM NAHDLATUL ULAMA PARE”. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Media Pembelajaran Counting Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama Pare” ditulis oleh Aprilia Intan Nuur Jannah, NIM 12205183310. Dosen pembimbing: Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Counting Box, Kemampuan Numerasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran matematika di SD Islam Nahdlatul Ulama Pare yang tidak hanya mengembangkan pada peningkatan kemampuan hitung, karena pada kenyataannya berhitung tidak cukup untuk menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Sebagian besar guru masih merasa kesulitan dalam menerapkan pelajaran matematika yang menyenangkan bagi para siswa. Adapun fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah(1) Perencanaan penggunaan media pembelajaran Counting Box untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1(2) Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran Counting Box untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1(3) Evaluasi hasil penggunaan media pembelajaran Counting Box untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi media pembelajaran counting box untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama Pare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan (Field research) dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara atau interview mendalam, observasi partisipan, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dengan credibility, confirmability, tranferability, depandability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kelas 1 untuk meningkatkan kemampuan numerasi di SD Islam Nahdlatul Ulama terdiri dari penyusunan RPP dan tahapan perencanaan penggunaan media pembelajaran. Pelaksanaan penggunaan media counting box untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama yaitu: (a) Orientasi (b) Apersepsi (c) Kegiatan awal (d) Kegiatan inti (e) Evaluasi (f) Penutup. Evaluasi kemampuan numerasi siswa kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama setelah mendapat pembelajaran dengan media counting box memiliki perbedaan yang dianalisis dari hasil pengerjaan soal evaluasi numerasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183310 APRILIA INTAN NUUR JANNAH
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:51
Last Modified: 02 Aug 2022 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28690

Actions (login required)

View Item View Item