PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SRENGAT

FAJAR ASKAULIN VARIGA, 12201183299 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 3 Srengat” ditulis oleh Fajar Askaulin Variga, NIM. 12201183299, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Peran guru PAI, Akhlak, Siswa, Pandemi Covid-19 Penelitian ini melatarbelakangi dari sebuah fenomena yang mana tentang pembentukan akhlak yang dapat mempengaruhi dari kesadaran siswa dalam perilaku dan tindakan pada masa pandemi covid-19. Dalam hal ini peneliti melibatkan peran guru PAI dalam membentuk akhlak siswa terhadap bagaimana cara pembentukan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Srengat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat ?, (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat ?, (3)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat ?, Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat dan bagaimana yang dilakukan guru PAI sebagai peran guru yang telah diteliti tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berbentuk deskripsi dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah semua guru PAI dan siswa SMP Negeri 3 Srengat serta melibatkan dari Kepala Humas. Teknis dari analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi serta teori. Kemudian hasil penelitian yang telah didapatkan adalah (1) peran guru pendidikan agama islam sebagai motivator dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat adalah guru PAI memberikan motivasi, dan nasihat yang baik kepada siswa agar berperilaku sesuai ajaran agama Islam, guru PAI memberikan reward atau memberikan pujian atas prestasi siswa yang menghafal surat-surat pendek, guru PAI selalu mengajak dan mendampingi siswa/siswi dalam kegiatan keagamaan jadi, juga diperlukan prioritas dalam memotivasi siswa dan selalu mengikuti kegiatan keagamaan, guru PAI juga mengadakan pembelajaran praktek keagamaan secara langsung seprti, praktek sholat dhuha, sholat dhuhur, praktek baca tulis Al-Qur’an dan praktek wudhu kegiatan ini merupakan salah satu bentuk memotivasi siswa dengan xv melalui kegiatan keagamaan, (2) peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat adalah guru sebagai pendidik dalam membentuk akhlak siswa itu yang pertama harus mengenalkan materi dan mengenalkan tentang pembiasaanpembiasaan seperti, membaca do’a sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai, guru memberikan teguran dan memberikan hukuman yang sifatnya mendidik kepada siswa yang berbicara kasar, guru memberikan dalam hal berpakaian dan selalu menjaga akhlak ketika berinteraksi kepada siapapun, (3) peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Srengat adalah guru memberikan arahan kepada siswa/siswi ketika berangkat sekolah diusahakan untuk berwudhu terlebih dahulu, menerapkan pembiasaan 3S atau 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), guru PAI sebagai pembimbing harus menuntun dan mengarahkan siswa melalui pembinaan dan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan. Contohnya: membaca yasin dan tahlil, infaq di setiap hari jum’at, sholat dhuha, dan sholat dhuhur berjamaah, untuk membina dan membiasakan kegiatan keagamaan guru PAI berkerjasama dengan pondok pesantren Darul Rojak untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an dan melatih siswa berakhlak yang baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183299 FAJAR ASKAULIN VARIGA
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:24
Last Modified: 02 Aug 2022 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28700

Actions (login required)

View Item View Item