ANINDYA FIKRIATUL ILMI, 12205183053 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ini ditulis oleh Anindya Fikriatul Ilmi, NIM: 12205183053. Pembimbing Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dan masih banyak guru yang mengandalkan cara mengajar dengan paradigma lama, dimana guru menggunakan metode ceramah. Kegiatan pembelajaran jika tidak ada media terasa monoton yang menyebabkan peserta didik merasa bosan. Oleh sebab itu diperlukan kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah :1) Bagaimana kreativitas guru dalam pemanfaatan media sederhana pada pembelajaran tematik kelas 2 MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ?, 2) Bagaimana kreativitas guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik kelas 2 MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ?, 3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran tematik kelas 2 MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ?. Penelitian ini merupakan penelitian jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu , guru kelas II dan peserta didik. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data dilakukan dengan cara menggunakan perpanjang pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas guru dalam pemanfaatan media sederhana pada pembelajaran tematik yaitu kreativitas guru dalam pemanfaatan media sederhana dengan menggunakan kertas yang bisa dibentuk, dilipat, digambar, dan dibongkar pasang . Contoh pemanfaatan media sederhan yang digunakan guru kelas II dalam pembelajaran tematik yaitu pada materi uang yang dimana guru membuat media tersebut dengan bahan murah dan mudah ditemukan, guru menggunakan kertas bergambar mata uang yang penggunaannya bisa bongkar pasang. 2) Kreativitas guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik yaitu dalam proses pemanfaatan media audio visual guru kelas II biasanya menggunakan LCD Proyektor yang bisa untuk menampilkan video, gambar, dan film. Contoh pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik IPA yang materinya tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dimana guru membuat video power point yang nantinya tampilkan di LCD Proyektor. 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala pemanfaatan media pembelajaran tematik yaitu dengan mencari refrensi sebanyak-banyaknya melalui buku dan internet, dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seperti workshop, seminar tentang kurikulum 2013. Dan bisa juga dengan mengikuti KKG (Kelompok Kerja Guru).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183053 ANINDYA FIKRIATUL ILMI |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28720 |
Actions (login required)
View Item |