CHANDRA RIZAL SAPUTRA, 12405183416 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PADA UMKM HIKMAH STONE. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (820kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Perspektif Manajemen Bisnis Syariah Pada UMKM Hikmah Stone” ini ditulis oleh Chandra Rizal Saputra, NIM. 12405183416, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Usaha harus bisa menentukan strategi yang tepat, supaya dapat mengembangkan usahanya. Demikian juga dalam pemasaran, dibutuhkan suatu strategi khusus dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, dengan begitu penerapan strategi pemasaran sangat penting. Dalam penelitian ini peneliti menjadikan UMKM Hikmah Stone sebagai objek penelitian. Sebuah usaha yang memproduksi westafel dari batu kali. Produk dari UMKM Hikmah Stone sudah sampai luar negeri, sehingga hal ini menggerakkan peneliti mengambil pokok kajian tentang Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Volume Penjualan Dengan Perspektif Manajemen Bisnis Syariah Yang Dilakukan Oleh UMKM Hikmah Stone. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dengan perspektif manajemen bisnis syariah yang dilakukan oleh UMKM Hikmah Stone dan 2) untuk mengetahui hasil pelaksanaan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dengan perspektif manajemen bisnis syariah UMKM Hikmah Stone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan dalam penelitian serta triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi pemasaran yang diterapkan di UMKM Hikmah Stone Tulungagung menerapkan startegi bauran pemasaran dengan 4P (product, price, promotion, place). Yang berlandaskan pada konsep manajemen bisnis syariah. Dalam aspek product UMKM Hikmah Stone melakukan penjualan barang sangat memperhatikan kualitasnya, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan khususnya pembeli. Dalam aspek price penetapan harga ditentukan dari biaya produksi dan ukuran wastafel; kecil, sedang, dan besar sehingga keuntungan yang diterima kedua belah pihak. Sedangkan dalam strategi promosi, UMKM Hikmah Stone tidak terdapat unsur unsur penipuan yang merugikan calon konsumen. Dan pada aspek place distribusi yang dipilih oleh UMKM Hikmah Stone meliputi beberapa pasar gerabah local, pengepul dan relasi dengan jangkauan internasional. Adapun 2) hasil dari penerapan 4P (product, price, promotion, place) tersebut yang ditinjau dari perspektif bisnis syariah menunjukkan bahwa produksi dan penjualan di UMKM Hikmah Stone mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan ini menjadi indikator kesuksesan sebuah perusahaan yang salah satunya dilihat dari meningkatnya produksi dan penjualan barang. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produksi, Penjualan, Manajemen Bisnis Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183416 CHANDRA RIZAL SAPUTRA |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28738 |
Actions (login required)
View Item |