KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI VAN HIELE KELAS VII DI MTsN 2 NGANJUK

'AINUN NISAIL 'AZIZAH, 12204183182 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI VAN HIELE KELAS VII DI MTsN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Kemampuan Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas VII di MTsN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh ‘Ainun Nisail ‘Azizah NIM. 12204183182, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Tahap Berpikir Van Hiele, Geometri, Kemampuan Tingkat Berpikir Siswa Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebuah fakta bahwa banyak siswa masih bingung dalam memahami materi geometri bangun datar segitiga dan segiempat dan siswa juga merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan berpikir siswa yang berbeda-beda anatar satu dengan yang lainnya. Menurut tahap berpikir Van Hiele ada 5 tahap yang harius dilalui siswa secara urut dalam belajar geometri, yaiti: tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (abstraksi), tahap 3 (deduksi) dan tahap 4 (rigor). Dalam belajar geometri, kemampuan siswa dibagi menjadi 3 tahap yakni kemampuan siswa tingkat tinggi, kemampuan siswa tingkat sedang dan kemampuan siswa tingkat rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap berpikir siswa dalam menyelesaikan soal geometri materi bangun datar segitiga dan segiempat berdasarkan teori Van hiele ditinjau dari kemampuan tingkat berpikir siswa kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis geometri, wawancara dan dokumentasi. Tes tulis geometri digunakan untuk mengambil subjek. Subjek penelitian diambil 6 siswa kelas VII-6, dimana 2 siswa berkemampuan berpikir tingkat tinggi, 2 siswa berkemampuan berpikir tingkat sedang dan 2 siswa berkemampuan berpikir tingkat rendah. Sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi berada pada tahap berpikir Van Hiele yang sama, subjek ST-1 dan ST-2 berada pada tahap 2 (abstraksi), (2) subjek dengan kemampuan berpikir tingkat sedang berada pada tahap berpikir Van Hiele yang tidak sama, subjek SS-1 pada tahap 1 (analisis) dan SS-2 berada pada tahap 0 (visualisasi), (3) subjek dengan kemampuan berpikir tingkat rendah berada pada tahap berpikir Van Hiele yang sama, subjek SR-1 dan SR-2 berada pada tahap 0 (visualisasi)

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183182 'AINUN NISAIL 'AZIZAH
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:22
Last Modified: 02 Aug 2022 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item