IZANI NUR, 12208183039 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO TENTANG TATA TERTIB DI LABORATORIUM BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (995kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (418kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Tentang Tata Tertib di Laboratorium Bagi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Izani Nur, NIM.12208183039 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Materi Tata Tertib di Laboratorium, Pengembangan Media Pembelajaran, Video Pembelajaran Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya mahasiswa yang kurang menguasai materi tata tertib di laboratorium. Peneliti juga melakukan observasi dengan mengamati Laboratorium Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan diperoleh informasi bahwa di ruang Laboratorium Biologi tersebut belum tersedia media terkait tata tertib di Laboratorium. Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran video adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan media pengembangan video tata tertib di laboratorium. (2) Mendeksripsikan kelayakan media pembelajaran video tata tertib di Laboratorium bagi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran video tata tertib di Laboratorium bagi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri : (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, pada tahap ini dilakuakan validasi penilaian produk, (4) uji coba skala kecil, (5) revisi awal produk, (6) uji coba lapangan utama, diberikan kepada mahasiswa program studi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sedang menempuh mata kuliah Manajemen Laboratorium IPA pada tanggal 14 Maret 2022 -15 Maret 2022 (7) revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Hasil pengembangan media video tata tertib di laboratorium diperoleh video sesuai dengan tahapan pengembangan yang telah dilakukan serta telah di validasi oleh para ahli. 2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran video memenuhi kriteria valid dengan hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 83,33%, ahli media 87,93%, ahli pendidikan 90%, dan dosen pengampu 86,53%. 2) Hasil uji coba produk untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran video. Hasil angket tanggapan mahasiswa diperoleh nilai persentase 84,91%. Hasil rata-rata kelas eksperimen pada soal pretest sebesar 76,59 dan posttest sebesar 79,11. Sedangkan untuk kelas kontrol, nilai rata-rata pretest sebesar 76,6 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,96. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai 69,567 pada kelas eksperimen (cukup efektif) dan nilai 24.418 pada kelas kontrol (tidak efektif). Pada uji normalitas, nilai sig kelas eksperimen sebesar 0.000 < 0.05, kelas kontrol sebesar 0.001 < 0.05 yang berarti data tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas N-Gain score diperoleh nilai sig. sebesar 0.002 < 0.05 maka data tidak homogen. Hasil uji hipotesis tersebut, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183039 IZANI NUR |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28777 |
Actions (login required)
View Item |