IZZAH NURONIYAH, 12201183312 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS (Studi Kasus di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Izzah Nuroniyah NIM. 12201183312. Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis (Studi Kasus di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci : Strategi Guru, Hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat belajar secara efektif serta menyenangkan terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Salah satu langkahnya yaitu dengan menguasai strategi yang baik dan tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran maupun kualitas belajar seorang siswa. Jika kualitas pembelajaran meningkat maka hasil belajar siswa juga meningkat. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto?, (3) Bagaimana Evaluasi strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto?, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto?, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi strategi pembelajaran guru untuk meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto? Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Lokasi penelitian di MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan standar kepercayaan, tringulasi, diskusi teman sejawat, perpanjangan waktu. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, meliputi : a. Menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), b. strategi pembelajaran guru. (2) pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, meliputi : a. pembukaan awal kegiatan pembelajaran; 1. Mengucap salam, 2. Membaca do’a, 3. Absen. b. inti kegiatan pembelajaran; 1. Guru memberikan motivasi, 2. Guru menyampaikan materi, 3. guru menerapkan strategi. c.penutup kegiatan pembelajaran; 1. evaluasi, 2. Membaca do’a. (3) evaluasi pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, meliputi: a. penilaian yang dilakukan di dalam kelas, melalui tes tulis, tes lisan, hafalan dan praktek. b. penilaian yang dilakukan di luar kelas melalui buku catatan kehadiran dan pengamatan langsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Izzah 12201183312 Izzah Nuroniyah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:31 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28778 |
Actions (login required)
View Item |