PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

AFIFATU ZULFA, 12201183272 (2022) PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Kreatif dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Afifatu Zulfa, NIM. 12201183272, Pembimbing Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi saat berlangsungnya proses pembelajaran, yaitu timbulnya perasaan jenuh yang berakibat pada penurunan konsentrasi belajar peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam. Kebanyakan peserta didik merasakan mata pelajaran ini kurang asyik dan membosankan. Banyak sekolah yang menggunakan metode dan media pembelajaran yang terbilang monoton. Hal ini juga akan berpengaruh pada keberhasilan capaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian, guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam menyikapi problematika yang terjadi, tugas guru sejarah kebudayaan islam adalah menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan metode pembelajaran kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Tulungagung? (2) bagaimana penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Tulungagung? (3) bagaimana kreativitas pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar, mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar, mendeskripsikan kreativitas pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data ( Data Codensation), penyajian data (Data Display), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi metode dan triangulasi sumber). Hasil dari penelitian ini adalah (1) penggunaan metode kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar sejarah kebudayaan islam di MTsN 1 Tulungagung yaitu dengan mengombinasikan metode ceramah dan tanya jawab, metode snowball throwing, metode diskusi, metode tebak kata. (2) Penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar sejarah kebudayaan islam di MTsN 1 Tulungagung yakni dengan menggunakan media power point, peta konsep, dan video pembelajaran. (3) Kreativitas pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar sejarah kebudayaan islam di MTsN 1 Tulungagung yakni menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, kreatif dalam membagi perhatian kepada peserta didik, kreatif dalam menyikapi perbedaan kemampuan peserta didik, kreatif dalam memberikan penguatan atau apresiasi terhadap peserta didik, hambatan dan tantangan keberhasilan guru dalam mengelola kelas dapat bersumber dari peserta didik maupun pengalaman guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183272 AFIFATU ZULFA
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:42
Last Modified: 02 Aug 2022 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28783

Actions (login required)

View Item View Item