IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SIDOARJO

IMROATUS SOLIKHAH, 12209183016 (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Sosial melalui Pembelajaran IPS Berbasis Metode Flipped Classroom pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Sidoarjo” ini ditulis oleh Imroatus Solikhah, NIM 12209183036, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Nilai-Nilai Sosial, Pembelajaran, Flipped Classroom Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di lapangan mengenai nilai-nilai sosial yaitu sopan santun, saling menghormati, tanggung jawab dan lain-lain cenderung kurang pada dalam diri siswa. Sehingga hal ini membuat siswa suka melanggar aturan yang ada dan tidak baik dalam bertingkah laku. Oleh karena itu, perlu peran guru salah yaitu guru IPS dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial. Karena pelajaran IPS selalu berdampingan dengan kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari bertingkah laku. Namun hal ini, pelajaran IPS terkesan membosankan dan monoton. Sehingga kurangnya semangat sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Maka dari itu perlunya metode pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa dan menyenangkan. Dalam hal ini, dengan adanya bantuan metode flipped classroom membuat pembelajaran IPS lebih menyenangkan dan materi mudah dipahami. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran IPS berbasis metode flipped classroom dalam menerapkan nilai-nilai sosial pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo, (2) Bagaimana dampak pembelajaran IPS berbasis metode flipped classroom pada penanaman nilai-nilai sosial siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo. Mengenai tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai sosial melalui pembelajaran IPS berbasis metode flipped classroom pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui dampak pembelajaran IPS berbasis metode flipped classroom pada penanaman nilai-nilai sosial siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi nilai-nilai sosial melalui pembelajaran IPS berbasis metode flipped classroom pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo, guru selalu mengingatkan untuk selalu memiliki sopan santun, menanamkan kejujuran, menghargai waktu, harus saling menghormati, mempunyai sikap toleransi. Dan memiliki rasa tolong menolong kepada siapapun. (2) Dampak pembelajaran IPS berbasis flipped classroom dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Sidoarjo membawa dampak positif yang signifikan pada siswa dalam penanaman nilai-nilai sosial melalui pembelajaran IPS, meskipun dampak tersebut tidak terjadi secara langsung melainkan bertahap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183016 imroatus
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:42
Last Modified: 03 Aug 2022 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28794

Actions (login required)

View Item View Item