KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING (Studi Kasus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung)

AGIS SUSILOWATI, 12205183034 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING (Studi Kasus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Model Blended Learning (Studi Kasus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung)” ini ditulis oleh Agis Susilowati, NIM. 12205183034, pembimbing Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran, Model Blended Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan yang sangat besar dalam dunia pendidikan, sehingga sangat diperlukan guru yang kreatif dalam menyajikan sebuah pembelajaran. Dengan mengembangkan kemampuan mengelaborasi, fleksibilitas, serta kecakapan guru saat mengajar, tentunya hal ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model blended learning yang memanfaatkan teknologi komputer serta tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai secara maksimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana kemampuan guru mengelaborasi, fleksibilitas guru, dan kecakapan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran TIK melalui model blended learning di SD Islam Al Azhaar Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Kemampuan guru mengelaborasi, (2) Fleksibilitas guru, (3) Kecakapan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran TIK melalui model blended learning di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kemampuan guru mengelaborasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran TIK melalui model blended learning yaitu guru membiasakan peserta didik membuat rangkuman materi pelajaran TIK; guru memfasilitasi peserta didik melalui kegiatan diskusi kelompok dan pemberian tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan; guru memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, dan menyelesaikan masalah, (2) Fleksibilitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran TIK melalui model blended learning yaitu memahami karakter siswa dengan baik, tidak kaku, dan tegas dalam mengambil keputusan; mampu mengkombinasikan pembelajaran dengan beberapa variasi gaya mengajar; memberikan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan, (3) Kecakapan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran TIK melalui model blended learning yaitu guru memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dengan peserta didik; guru memiliki kecakapan dalam mengembangkan, menyampaikan, dan melaksanakan gagasan-gagasan baru, memiliki sikap terbuka, serta responsif terhadap perspektif baru; guru mampu berpikir kritis dan berpikir kreatif; guru memiliki kecakapan memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan saat pembelajaran TIK; guru memiliki kemampuan mengakses informasi secara luas dan dapat mengoperasikan teknologi komputer dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183034 AGIS SUSILOWATI
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:16
Last Modified: 03 Aug 2022 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28801

Actions (login required)

View Item View Item