PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA SMP NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

TEGAR WICAHYO, 12201183441 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA SMP NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai- Nilai Religius pada Siswa SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Tegar Wicahyo, NIM. 12201183441, Pembimbing Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan bagi siswa, dimana pendidikan ini dapat tersalurkan melalui peran seorang guru. Guru tidak hanya berperan sebagai orangtua kedua dalam sekolah, akan tetapi mereka juga bertanggungjawab dan memiliki peran sebagai pendidik, pelatih, sekaligus evaluator. Dari peran yang dilakukan guru dalam dunia pendidikan, diharapkan tidak hanya sekedar mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, akan tetapi lebih penting pula membentuk watak dan pribadi siswa dengan akhlak dan ajaran-ajaran Islam melalui penanaman nilai-nilai religius pada siswa, yang dalam hal ini khususnya diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Sehingga nantinya didapatkan peningkatan akhlak dan moral siswa ke tingkat yang lebih baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Pertanyaan penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai penddik dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pelatih dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung?, dan 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai penddik dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung, 2) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai pelatih dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung, dan 3) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berbentuk wawancara dan observasi, serta data sekunder dalam bentuk dokumen. Teknik pegumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selajutnya analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan keknik triangulasi. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa: 1) Peran guru PAI sebagai penddik dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung yaitu mendidik siswa untuk membiasakan shalat Dhuha berjama‟ah, mengaji dan berdzikir, memahami materi tentang tajwid Al-Qur‟an, mengikuti kegiatan keputraan dan keputrian, dan menerapkan adab-adab ketika makan dan minum. 2) Peran guru PAI sebagai pelatih dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung yaitu memberikan fasilitas berupa kegiatan ekstrakulikuler, reward atas capaian yang diperoleh siswa, dan nasihat serta teguran terhadap siswa yang melakukan kesalahan. 3) Peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan nilai – nilai religius di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung yaitu melakukan evaluasi terhadap siswa secara formal melalui hasil nilai tugas dan ujian serta melakukan evaluasi non- formal melalui sikap, perilaku, akhlak dan moral siswa dalam kesehariannya di lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TEGAR WICAHYO
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:25
Last Modified: 22 Aug 2022 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item