IRMA MUFIDAH, 12401183323 (2022) IMPLEMENTASI ETIKA CUSTOMER SERVICE DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (998kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Customer Service Dalam Memberikan Pelayanan Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung” yang ditulis oleh Irma Mufidah, NIM 12401183323, jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S. Ag., M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan etika yang sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, saat ini etika sangat menghawatirkan dan miris. Kondisi dimana manusia hampir melupakan tatanan moral, etika dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sebagai makhluk sosisal yang mana setiap harinya akan berinteraksi dengan alam semesta, baik dengan kerabat, masyarakat dan lingkungan. Namun tidak sedikit terdapat masyarakat yang justru mengesampingkan etika. Dalam hal ini, pentingnya etika customer service untuk mengatur tingkah laku customer service agar tidak melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Etika di perbankan syariah sangat menarik untuk diteliti, karena untuk mengetahui bagaimana penerapan etika customer service di Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung. Penelitian ini mengangkat permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana mekanisme pelayanan customer service pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung, 2) Bagaimana pengawasan implementasi etika customer servise dalam memberikan pelayanan pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung, 3) Bagaimana kendala dan solusi pada implementasi etika customer servise dalam memberikan pelayanan pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder adalah data berupa dari buku, jurnal, artikel yang diperoleh oleh peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Pelayanan customer service sudah memberikan pelayanan yang sesuai dengan prosedur dengan baik. Prosedur yang dilaksanakan oleh customer service tentunya sesuai dengan kebutuhan atau keluhan dari nasabah. 2) Implementasi etika customer service BSI KCP Tulungagung sudah menerapkan etika customer service dalam memberikan pelayanan dapat dilihat dari cara sikap dan perilaku, penampilan, cara berbicara dan cara bertanya. 3) Kendala dan solusi pada implementasi etika customer service dalam memberikan pelayanan kepada nasabah BSI KCP Tulungagung diantaranya sistem yang eror, memiliki satu customer service, mengganggu konsentrasi customer service, tingkat pendidikan dan usia nasabah yang berbeda dan adanya panggilan mendadak dari atasan. Kata kunci: etika customer service, pelayanan nasabah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Etika Bisnis Layanan Publik Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Irma 12401183323 Irma Mufidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:00 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28824 |
Actions (login required)
View Item |