ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Toko Cahaya Berkah Pakisrejo Rejotangan Tulungagung)

FALUPI PUTRI CAHYANINGRUM, 12405183320 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Toko Cahaya Berkah Pakisrejo Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Toko Cahaya Berkah Pakisrejo Rejotangan Tulungagung)” yang ditulis oleh Falupi Putri Cahyaningrum, NIM. 12405183320, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya usaha-usaha retail yang bermunculan sehingga membuat persaingan antara bisnis retail semakin ketat. Dengan permasalahan tersebut Toko Cahaya Berkah Pakisrejo harus melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kelangsungan usahanya, yaitu dengan penggabungan antara strategi pemasaran umum dengan strategi pemasaran Islam yang tepat dengan tujuan bisa meningkatkan penjualan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Cahaya Berkah Pakisrejo guna meningkatkan penjualan 2) Bagaimana strategi pemasaran dalam perspektif Islam yang diterapkan oleh Toko Cahaya Berkah Pakisrejo 3) Bagaimana kondisi perkembangan penjualan dari produk yang ada di Toko Cahaya Berkah Pakisrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan naturalistik dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan data yang bersumber dari pemilik, karyawan, serta pelanggan Toko Cahaya Berkah Pakisrejo. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan 3 metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan dengan uji kredibilitas, uji tranferbilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan dilakukan oleh Toko Cahaya Berkah Pakisrejo yaitu dengan penerapan strategi pemasaran yaitu dengan penerapan strategi bauran pemasaran 7P (people, process, place, physical evidence, promotion, product, price), namun Toko Cahaya Berkah lebih menonjolkan pada strategi harga, produk, promosi dan juga tempat 2) Strategi pemasaran dalam perspektif Islam dilakukan oleh Toko Cahaya Berkah Pakisrejo yaitu dengan menerapkaan etika-etika sesuai dengan ajaran Islam yang dimiliki oleh tenaga pemasaran, seperti menerapkan budaya spiritual, berlaku adil dalam berbisnis, melayani dengan senyum dan rendah hati, selalu menepati janji dan tidak curang. Strategi tersebut diterapkan sehingga mampu mempertahankan para pelanggan agar senantiasa berbelanja di Toko Cahaya Berkah Pakisrejo dan seterusnya toko ini mampu menghadapi persaingan bisnis antar usaha-usaha retail yang semakin banyak. 3) Kondisi perkembangan penjualan produk yang tidak stabil setiap bulannya pada Toko Cahaya Berkah Pakisrejo terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu kondisi dan kemampuan pasar/penjual, kondisi pasar dan modal. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan, Perspektif Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183320 FALUPI PUTRI CAHYANINGRUM
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:03
Last Modified: 03 Aug 2022 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item