DIPTA MAULA DEWI, 12209183110 (2022) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI INTERACTIVE LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK 5M DI SMPN 1 SANANKULON. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (571kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
ABSTRAK Dipta Maula Dewi. NIM 12209183110. Skripsi dengan judul “Usaha Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Strategi Interactive Learning Berbasis Pendekatan Saintifik 5M Di SMPN 1 Sanankulon”. Dibimbing oleh Bapak Bagus Setiawan, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait keaktifan dalam kelas terutama pada pembelajaran IPS seperti halnya pembelajaran yang dirasa membosankan, siswa yang tidak semangat mengikuti pelajaran IPS, siswa yang tidak memperhatikan guru disaat menjelaskan materi serta siswa yang mengantuk. Maka dari itu dibutuhkan peran seorang guru untuk mengatasinya dengan mengembangkan komponen pembelajaran yang bervariatif seperti strategi interactive learning dan pendekatan saintifik 5M. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi interactive learning dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMPN 1 Sanankulon, (2) Bagaimana usaha guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS melalui strategi interactive learning berbasis pendekatan saintifik 5M di SMPN l Sanankulon, (3) Bagaimana hasil dari strategi pembelajaran interactive learning berbasis pendekatan saintifik 5M dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMPN l Sanankulon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan strategi interactive learning diawali dengan tahap persiapan. Selanjutnya ada tahap pelaksanaan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (2) Usaha guru IPS dalam meningkatkan keaktifan pada siswa yaitu mengembangkan strategi dan pendekatan pembelajaran yang bervariatif dengan mencari penemuan-penemuan baru serta memodifikasinya yaitu strategi interactive learning berbasis pendekatan saintifik 5M. (3) Hasil dari strategi pembelajaran interactive learning berbasis pendekatan saintifik 5M dalam pembelajaran IPS adalah keaktifan siswa dalam kelas meningkat. Kata kunci : Keaktifan, Strategi Interactive Learning, Pendekatan Saintifik 5M
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183110 Dipta |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 03:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28834 |
Actions (login required)
View Item |