STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU AKIDAH DALAM KITAB KLASIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (Study of Concurrent Triangulation Mix Method di Madrasah Aliyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto)

IZZATUL AMALINA, 128506203012 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU AKIDAH DALAM KITAB KLASIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (Study of Concurrent Triangulation Mix Method di Madrasah Aliyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Ilmu Akidah dalam Kitab Klasik serta Pengaruhnya terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Study of Concurrent Triangulation Mix Method di Madrasah Aliyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan Madrasah Bertarah Internasional Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto” ini di tulis oleh Izzatul Amalina, dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Prof. Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag. Kata Kunci: Ilmu Akidah dalam Kitab Klasik, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya starategi pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik pada siswa, apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik dapat membentuk dan mempengaruhi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ajaran ilmu akidah dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di Madrsah Aliyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan Madrasah Bertaraf Internasinal Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik dan pengaruhnya terhadap kecerdasan emosional di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto? 2) Bagaimana proses pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik dan pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto? 3) Bagaimana hasil pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik dan pengaruhnya terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dan MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto? Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam tesis ini adalah mixed method concurrent triangulation, yaitu penelitian gabungan menggunakan metode kualitatif dan kualitatif dengan bersamaan dan dengan cara yang seimbang. Penemuan dari dua penelitian akan digabungkan untuk diinterpretasi secara simultan, dan dilakukan pembahasan. Pada tahap terakhir, temuan dari dua penelitian disimpulkan, diperdalam, diperluas dan memberikan makna dalam pembahasan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Metode pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik di lakukan melalui: (a) pembacaankitab klasik baik secara salafiyah maupun modern (b) memakai bahasa Arab dan bahasa Indonesia dalam pembelajarannya (c) menggunakan kitab aqidatul awam, sanusiyah, tijan, dan khoridatul bahiyah. Berdasarkan uji Anova ada pengaruh positif yang signifikan dari kecerdasan emosional yang di tunjukkan dari nilai sig = 0,739. Besarnya R Squared pada strategi pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,157 = 15,7%. 2) Proses pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik di lakukan melalui: (a) pembacaan kitab klasik (b) muroti (c) memberikan penjelasan (d) pemberian waktu untuk bertanya. Berdasarkan uji Anova ada pengaruh positif yang signifikan dari kecerdasan spiritual yang ditunjukkan dari nilai Sig = 0,140. Besarnya R Squared pada proses pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik terhadap kecerdasan spiritual siswa sebesar 0,254 = 25,4%. 3) Hasil pembelajaran ilmu akidah dalm kitab klasik yaitu: (a) kejujuran, (b) kebijaksanaan (wisdom), (c) visioner, (d) tabah (berani mengambil resiko), (e) ahlak yang terpuji (ahlaqul karimah), (f) memiliki prinsip (iman) yang teguh, (g) bertanggung jawab dan mampu memberikan hasil yang berupa amal saleh sehingga hidupnya akan penuh nilai dan makna. Dengan kata lain, orang yang memiliki kesadaran fitrah adalah orang yang cerdas secara spiritual. Berdasarkan uji Manova ada pengaruh positif yang signifikan dari kecerdasan emosional dan spiritual yang ditunjukkan dari nilai Sig. Hasil uji analisis Manova diperoleh Sig = 0,739. pada Roy’s Largest Root sebesar 0,000. Sig. < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran ilmu akidah dalam kitab klasik (X) terhadap kecerdasan emosional (Y1) dan kecerdasan spiritual (Y2), secara simultan maka analisis Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203012 IZZATUL AMALINA
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:10
Last Modified: 03 Aug 2022 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item