FITRI NUR AISYAH, 12209183003 (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS QR-CODE PADA PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (707kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (307kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Booklet Berbasis Qr-Code Pada Pembelajaran Ekonomi untuk Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitri Nur Aisyah, NIM 12209183003, Pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Booklet, Qr-Code Penelitian ini dilatar belakangi keterbatasan ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran ekonomi. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan pada Magang I dan Magang II, 1) saat diadakan pembelajaran online minat belajar siswa berkurang dan menurunya hasil belajar siswa, 2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah power point, namun hanya beberapa siswa saja yang download materi yang diberikan karena berbagai alasan, 3) sumber belajar hanya buku UKBM dan internet, 4) metode yang digunakan metode ceramah, 5) saat pembelajaran offline kurang optimalnya penggunaan ponsel saat pemeblajaran berlangsung, karena siswa tidak memperhatikan guru dan lebih bermain dengan ponselnya sendiri. Dari hasil penyebaran koesioner sebanyak 64% siswa merasa senang dan cukup bisa memahami materi dan 25% siswa merasa bosan sehingga belum bisa memahami materi yang disampaikan. Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran baru dengan menggunakan media cetak yaitu booklet berbasis Qr-Code dengan harapan siswa lebih semangat lagi dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa dengan keterbatasan fasilitas yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan booklet berbasis Qr-Code pada pembelajaran ekonomi untuk siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung, dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan booklet berbasis Qr-Code pada pembelajaran ekonomi kelas XI MAN 3 Tulungagung. Proses penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Tulungagung kelas XI IPS. Perolehan data penelitian ini melalui analisis awal, angket validasi, angket respon siswa, tabel observasi aktivitas siswa, dan hasil nilai pretest dan posttest dari siswa. Hasil uji validasi ahli media menunjukan media pembelajaran dikategorikan valid dengan rata-rata presentase sebesar 82,2%. Hasil uji validasi materi menunjukan kategori valid dengan rata-rata presentase sebesar 90%. Hasil uji kepraktisan menunjuukan hasil praktis dengan hasil respon peserta didik sebesar 82,6% dan layak digunakan. Nilai observasi aktivitas siswa memperoleh presentase sebesar 14,5% menunjukkan ada ketertarikan pada media booklet. Hasil uji hipotesis menggunakan paired simple test hasil yang diperoleh sebesar 0,00 dengan taraf sig. 0,05 sehingga 0,00 < 0,05 maka dapat diartikan H1 diterima dan dinyatakan ada perbedaan hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan media booklet berbasis Qr-Code. Hasil ini diperoleh dari rata-rata nilai pretest sebesar 76,7 dan nilai posttest sebesar 81 sehingga media booklet berbasis Qr-Code dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183003 FITRI NUR AISYAH |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28896 |
Actions (login required)
View Item |