NUR HINDASAH, 12205183213 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI TEMATIK MUATAN IPA KELAS 3 DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Tematik Muatan IPA Kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” yang ditulis oleh Nur Hindasah, NIM 12205183213, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional seperti menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sehingga kegiatan pembelajaran cenderung cepat membosankan, dan kurang menarik bagi siswa. Salah satu cara agar peserta didik lebih tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran IPA adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik tidak mudah cepat merasa bosan dan lebih tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga dapat memotivasi peserta didik dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel probability sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas 3-A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Uji prasyarat xv yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan Uji Manova. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari analisis pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA, (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehinggaHa diterima dan Ho ditolak. (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi tematik muatan IPA kelas 3 di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183213 NUR HINDASAH |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 01:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28911 |
Actions (login required)
View Item |