MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 1 BOYOLANGU

ISLAMIANINGRUM MIFTAHUL SHOLIHAH, 12207183005 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Islamianingrum Miftahul Sholihah, NIM 12207183005, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata kunci : Manajemen Kesiswaan, Meningkatkan Mutu Pendidikan Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Boyolangu. Manajemen kesiswaan sangatlah penting bagi lembaga pendidikan, karena manajemen kesiswaan berkaitan dengan siswa yang dimana merekalah yang mengatur siswa mulai dari masuk sekolah hingga mereka lulus. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana rekrutmen dan seleksi siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu? (2) Bagaimana pengelompokkan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu? (3) Bagaimana pembinaan dan pengembangan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui rekruitmen dan seleksi siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu (2) Untuk mengetahui pengelompokan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu (3) Untuk mengetahui pembinaan dan pengembangan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Boyolangu. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui manajemen kesiswaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil latar belakang manajemen kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui prestasi yang dimiliki oleh sekolah, baik prestasi akademik maupun non akademik. Sumber data penelitian ini diambil dari Kepala Sekolah dan Wakil Kepala di bidang Kesiswaan, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rekrutmen dan seleksi manajemen kesiswaan di SMKN 1 Boyolangu diawali dengan pembentukan panitia terlebih dahulu, yang dimana panitia di tunjuk langsung oleh Kepala Sekolah. Panitia penerimaan peserta didik baru ini terdiri dari beberapa guru dan juga staff TU (2) Pengelompokkan diseleksi secara online berdasarkan nilai siswa (3) Dalam melakukan pembinaan, sekolah sudah mempunayi program yang namanya Students Matching. Yang dimana nanti saat awal tahun sekolah akan memberi siswa google form, isi dari google form tersebut adalah pertanyaan setelah lulus mau kemana. Selain itu sekolah juga melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan, sehingga siswa yang ingin bekerja nanti tinggal mengikuti tes yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu sekolah juga melakukan pembinaan melalui ekstrakurikuler

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183005 ISLAMIA NINGRUM M.S.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:43
Last Modified: 08 Aug 2022 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28957

Actions (login required)

View Item View Item