IRNADA AL ANATA, 12205183191 (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKANMINAT BACA PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (549kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Baca Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Irnada Al Anata, NIM 12205183191, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Baca Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa SD/MI yang kurang menyadari akan pentingnya membaca, siswa kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca siswa SD/MI, sehingga minat baca siswa rendah. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi yang sesuai dan tepat dari guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi deduktif guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Bagaimana strategi induktif guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (3) Bagaimana hambatan strategi guru dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi.Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa madrasah dan juga dokumen madrasah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian 1) Pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, 2) Sumber data: data primer dan data sekunder, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, 4) Teknik analisis data adalah adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, 5) Pengecekan Keabsahan Temuan adalah Keterpercayaan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat), Keteralihan, Kebergantungan, Kepastian. 6) Tahap – Tahap Penelitian: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap pelaporan. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Strategi deduktif guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yaitu memberikan kepada peserta didik dan meminta peserta didik untuk mencari sendiri jawabannya dengan mebaca buku-buku yang ada di perpustakaan sebagai sumbernya . (2) Strategi induktif guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yaitu guru memberikan tugas kepada peserta didik dan peserta didik menyelesaikan masalahnya sendiri, guru memberikan tugas kepada peserta didik dengan membaca buku-buku di perpustakaan. (3) Hambatan deduktif guru untuk meningkatkan minat baca pada peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yaitu saat disuruh membaca sering ditemui siswa tidak serius mereka sulit diatur untuk membaca. Hambatan induktif guru untuk meningkatkan minat baca pada peserta didik di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yaitu minimya koleksi buku yang ada di dalam kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183191 IRNADA AL ANATA |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28986 |
Actions (login required)
View Item |