Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan Siswa Kelas V MI Bahrul Ulum GUPPI Kembangan Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2013/ 2014

Sari, Rita Nurliyan (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan Siswa Kelas V MI Bahrul Ulum GUPPI Kembangan Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2013/ 2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover, judul, abstrak dll.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I -5.pdf

Download (639kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model TGT, Prestasi Belajar Latar belakang penelitian : Dalam proses pembelajaran guru harus kreatif dan bisa menciptakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Seorang siswa akan lebih mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru jika mereka merasakan kesenangan melalui sebuah permainan-permainan tertentu ketika menjalankan proses pembelajaran di kelas. Dengan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini akan menambahkan dimensi kegembiraan yang diperoleh dari penggunaan permainan. Teman satu tim akan saling membantu dalam mempersiapkan diri untuk permainan dengan mempelajari lembar kegiatan dan menjelaskan masalah-masalah satu sama lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan, 2) Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada : 1) Kepala MI Bahrul Ulum GUPPI Kembangan, Dapat memberikan acuan perbaikan selanjutnya dalam menyusun program pembelajaran bagi sekolah. 2) Guru MI Bahrul Ulum GUPPI kembangan, Pedoman bagi guru dalam menentukan model pembelajaran yang tepat. 3) Siswa MI Bahrul Ulum GUPPI kembangan, Memberikan kemudahan untuk siswa didalam meningkatkan prestasi belajarnya. 4) Perpustakaan, Sebagai bahan referensi dan koleksi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. 5) Peneliti lain, Sebagai penambahan wawasan atau informasi untuk mengadakan penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Class Action Research ) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Bahrul Ulum GUPPI Kembangan pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan. Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dokumentasi, dan Catatan Lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa minimal mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. xviii Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ini yaitu langkah awal guru menyampaikan materi, guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen, Guru meminta siswa untuk berdiskusi. Guru membagi lembar diskusi. Guru meminta perwakilan kelompok untuk presentasi. Guru memberi umpan balik. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok sesuai kemampuan akademik. Guru membagikan soal Tournament. Guru menjelaskan aturan main Tournament. Pelaksanaan Tournament. Penghitungan Skor. Pengumuman juara kelompok. Guru memberikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil Pre Test, Post Test Siklus I, Post Test Siklus II. Dengan nilai rata-rata Pre Test 68,33 (33,33%), Post Test Siklus I 73 ( 53,33%), Post Test Siklus II 79,33 ( 80%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V MI Bahrul Ulum GUPPI kembangan Pule Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 03:20
Last Modified: 30 Sep 2014 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item