AWINDA DWI RAHMAWATI, 12211183012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Skirpsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts Aswaja Tunggangri Pada Materi Getaran Dan Gelombang” ini di tulis oleh Awinda Dwi Rahmawati, NIM 12211183012, Jurusan Tadris fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Satu Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci : Student Teams Achievement Devision (STAD), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran IPA pada materi getaran dan gelombang yang berdampak pada hasil belajarnya. Pembelajaran yang dilakukan lebih banyak dilakukan dengan ceramah dan diskusi kelompok kecil. Lemahnya keberanian untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dalam pembelajaran mengakibatkan kelas menjadi pasif. Model STAD memiliki keuntungan diantaranya peserta didik dapat lebih aktif dalam pembelajaran, karena semua akan terlibat langsung dalam pembelajaran. Hal tersebut juga akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri, Tulungagung, 2) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar IPA pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, 3) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain non-equivalen control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung kelas VIII dengan populasi kurang lebih 78. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kelas VIII A (kelas kontrol) sebanyak 28 siswa dan VIIIC (kelas eksperimen) sebanyak 27 siswa. Bedasarkan uji homogenitas terdapat varian data yang homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung yang dinyatakan dengan uji Independent Samples Test, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.011 < 0.05 ; 2) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar IPA pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung yang dinyatakan dengan uji Independent Samples Test tersebut, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.010 < 0.05; 3) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung yang dinyatakan dengan nilai sig. untuk Wilks' Lambda, yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | mahasiswa 12211183012 Awinda |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29003 |
Actions (login required)
View Item |