TAMPRIN BUDI SANTOSO, 128506203031 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (993kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kaligrafi dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Santri (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Tamprin Budi Santoso NIM. 128506203031, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun 2022, dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M.Ag dan Dr. Sokip, M.Pd.I Kata kunci: Pembelajaran Kaligrafi, Nilai-nilai Karakter Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena yang dialami remaja yang ingin menunjukkan eksistensinya di masyarakat.namun mengarak ke perbuatan negatif atau menyimpang, yang kelihatannya dikira oleh mereka biasa biasa saja, apalagi ada yang menganggapnya sebagai suatu kebanggaan. Mereka sering menyebut perilaku tersebut hanyalah sebagai penunjuk lambang suatu keberanian dirinya, namun tanpa disadari bahwa perilakunya tersebut meresahkan masyarakat di sekitarnya dan memprihatinkan bagi bangsa indonesia. Tergolong memprihatinkan karena kenakalan remaja saat ini sudah mulai terlihat ada pergeseran, semula hanya bentuk pelanggaran biasa, namun sekarang perilakunya cenderung merambah di segi-segi kriminal yang secara yuridis menyalahi ketentuan-ketentuan hukum pidana. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian yang dapat menanggulani masalah tersebut. Sejauh perjalana sejarah pondok pesantren memiliki kontribusi yang baik dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada remaja. Melalui program pembelajaran kaligrafi guru dapat mengintegrasiakan nilai-nilaia karakter ke tahapan-tahapan pembelajaran guna memperbaiki karakter pada santri kearah yang lebih baik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pendekatan pada pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Asrama Sunan Ampel (Sekolah Kaligrafi al Qur’an/SAKAL) Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Asrama Sunan Ampel (Sekolah Kaligrafi al-Qur’an/SAKAL) Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? 3). Bagaimana implikasi pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Asrama Sunan Ampel (Sekolah Kaligrafi al Qur’an/SAKAL) Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field Research. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui tiga kegiatan yaitu Kondensasi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datannya menggunakan triangulasi sumber, pembahasan teman sejawat, dan memperpanjang waktu penelitian. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1.). Pendekatan yang diterapkan pada pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren dapat melalui bebrapa pendekatan meliputi; a.) pendekatan pembiasaan, b.) pendekatan keteladanan, dan c.) pendekatan kedisiplinan, d.) Pendekatan Pembudaya dan e.) pendekatan komprehensif 2.) Pelaksanaan pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren meliputi; a.) Muqodimah, b.) Tamrin, c.) Tashih, dan d.) Tikror, 3.) Implikasi pembelajaran kaligrafi dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri di Pondok Pesantren meliputi; a.) Religius, b.) jujur, c.) tanggung jawab, d.) peduli lingkungan, e.) disiplin, f.) kreatif, g.) menghargai prestasi, dan h.) peduli lingkungan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 128506203031 TAMPRIN BUDI SANTOSO |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:16 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29008 |
Actions (login required)
View Item |