PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Sapu Merak Di Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

GUSALINA KARISMA DEWI, 12402183345 (2022) PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Sapu Merak Di Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus Sapu Merak Di Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)“ yang ditulis oleh Gusalina Karisma Dewi, NIM. 12402183345, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang dibimbing oleh Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi karena Desa Jabalsari merupakan salah satu desa yang memiliki potensi besar dalam bidang kerajinan sapu dan keset lebih tepatnya di UMKM Sapu Merak dalam memberikan mata pencarian bagi sebagian besar masyarakat. UMKM Sapu Merak dapat meningkatkan perekonomian para pekerja dan dapat membantu masyarkat sekitar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dari sebelumnya, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal pendapatan dan sosialnya. Rumus masalah penelitian ini adalah Peran Produsen UMKM Sapu Merak Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Menurut Perpektif Islam dan Peran distribusi UMKM Sapu Merak Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Menurut Perpektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan UMKM Sapu Merak. Sumber data yang digunakan adalah observasi dan wawancara untuk menggali data secara akurat. sumber data yang diperoleh berupa dara primer dan data sekunder. Data primer didapat dari wawancara individu, data sekunder didapat dari sumber pustaka, data tersebut diperoleh dari buku, jurnal, berita, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, tiangulasi, review informan dan kecukupan referensi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) proses peningkatan pendapatan karyawan yang dilakukan oleh UMKM Sapu Merak dilakukan dengan penyerapan tenaga kerja. 2) hasil dari kegiatan produksi UMKM Sapu merak yang dirasakan oleh para karyawan diantaranya dapat memberikan pekerjaan, mempunyai kemandirian dalam dirinya, dan mendapatkan tambahan penghasilan dari bekerja. 3) cara yang dilakukan oleh UMKM Sapu Merak untuk melakukan peningkatan pendapatan karyawan dalam perspektif ekonomi islam dengan menggunakan beberapa prinsip yaitu prinsip ukhuwwah, prinsip ta’awun, prinsip keadilan, dan persamaan derajat. Kata Kunci: Produsen, distribusi, peningkatan ekonomi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183345 Gusalina Karisma Dewi
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:53
Last Modified: 08 Aug 2022 04:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item