IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Kasus Pada Sania Scarf Sananwetan Blitar)

ERIKA SEPTIANA DEWI, 12405183239 (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Kasus Pada Sania Scarf Sananwetan Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Pelaku Usaha Hijab Sania Scraf Sananwetan Blitar)” yang ditulis oleh Erika Septiana Dewi, NIM. 12405183239, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya persaingan pemasaran usaha di masa pandemi Covid-19, Sania Scraf sebagai salah satu usaha di bidang hijab memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan komunikasi pemasaran. Implementasi komunikasi pemasaran digital pada pelaku usaha hijab Sania Scarf ini menjadi isu yang menarik untuk dikaji dengan menggunakan perspektif marketing syariah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mendeskripsikan implementasi komunikasi pemasaran digital pelaku usaha hijab Sania Scarf Sananwetan Blitar di masa pandemi Covid-19, dan 2)Menganalisis implementasi komunikasi pemasaran digital pelaku usaha hijab Sania Scarf Sananwetan Blitar di masa pandemi Covid19 dalam perspektif marketing syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Implementasi komunikasi pemasaran digital pelaku usaha hijab Sania Scraf melalui 5 model, yaitu: a)Source. Hal ini berupa admin yang mengelola akun media sosial dan melayani setiap pesanan. b)Encoding. Dalam hal ini, Sania Scraf melakukan perencanaan komunikasi pemasaran dengan bahasa yang sopan dan ramah dan jenis promosi yang digunakan. c)Transmisi. Dalam hal ini Sania Scarf menyampaikan pesan dengan menggunakan beberapa strategi pada setiap akun media sosialnya. d)Decoding. Pada proses ini konsumen memberikan respon kepada Sania Scarf berupa testimoni, komplain, masukan maupun pertanyaan. e)Feed Back. Dalam hal ini umpan balik yang diterima Sania Scarf berupa penambahan pesanan produk, peningkatan penjualan, jangkauan konsumen. 2) Dalam perspektif marketing syariah implementasi komunikasi pemasaran digital pelaku usaha hijab Sania Scraf dapat dikemukakan sebagai berikut: a)Source. Pada Sania Scraf menggunakan karakteristik rubbaniyah dan yang diterapkan oleh adminnya. b)Encoding. Dalam proses ini, Sania Scraf menggunakan karakteristik akhlaqiyah. Dimana perencanaanya mengedepankan etika. c)Transimisi. Pada proses ini Sania Scraf selaras dengan karakteristik al-waqi’iyyah dan al-insaniyyah yang ditanamkan dalam menyampaikan pesan pemasaran. d)Decoding. Dalam hal ini Sania Scraf menerapkan prinsip akhlakiyah dan al-waqi’iyyah ditunjukkan dengan adanya respon yang diberikan konsumen e)Feed Back. Dalam proses ini Sania Scraf menerapkan karakteristik rubbaniyah, akhlaqiyah, al-waqi’iyyah dan alinsaniyyah yang ditunjukkan melalui umpan balik yang didapatkan. Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, digital, marketing syariah, pandemic covid19

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183239 ERIKA SEPTIANA DEWI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:46
Last Modified: 08 Aug 2022 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29020

Actions (login required)

View Item View Item