PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE PADA MATERI TEORI ATOM TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X

MERLYA KUSUMA, 12212183046 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE PADA MATERI TEORI ATOM TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik 5M Berbantuan Media Youtube Pada Materi Teori Atom Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X” ini ditulis oleh Merlya Kusuma, NIM. 12212183046, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Youtube, Teori Atom, Prestasi, Motivasi Belajar Materi teori atom merupakan materi yang menjadi dasar dari materi kimia lainnya seperti pada materi sistem periodik unsur dan materi ikatan kimia. Adanya karakteristik makroskopik seperti benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang tersusun dari berbagai atom, molekul; karakteristik simbolik misalnya simbolsimbol unsur, konfigurasi elektron, notasi sub-kulit atom sebagainya submikroskopik seperti bentuk-bentuk atom, partikel penyusun atom yang tidak dapat diamati secara langsung dengan mata. Hal tersebut dapat menyebabkan kesulitan dan terjadi miskonsepsi pada siswa. Adanya pembelajaran konvensional menyebabkan siswa menjadi pasif dan proses pembelajaran menjadi satu arah, sehingga siswa kebanyakan belum dapat memahami pembelajaran kimia yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M berbantuan media youtube pada materi teori atom terhadap prestasi belajar siswa kelas X, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M berbantuan media youtube pada materi teori atom terhadap motivasi belajar siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-exsperimental design one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes dan lembar angket. Soal tes dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 butir soal untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Lembar angket dengan jumlah 25 pertanyaan digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 28 siswa kelas X di MA Al-Muslihun Tulungagung. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat hipotesis (uji homogenitas dan uji normalitas), dan uji hipotesis (uji t dependen ). Hasil uji validitas instrumen menunjukkan bahwa 19 butir soal valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M berbantuan media youtube pada materi teori atom terhadap prestasi belajar siswa kelas X. Hal tersebut berdasarkan perhitungan uji t prestasi belajar diperoleh nilai t= 13, 530, df=27, yang berarti thitung ≥ ttabel yaitu 13,530 ≥ 2,052 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M berbantuan media youtube pada materi teori atom terhadap motivasi belajar siswa kelas X. Hal tersebut berdasarkan perhitungan uji t motivasi belajar diperoleh nilai t = 4,755, df = 27 yang berarti thitung ≥ ttabelyaitu 4,755 ≥ 2,052 H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183046 MERLYA KUSUMA
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:08
Last Modified: 08 Aug 2022 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29028

Actions (login required)

View Item View Item