PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

RISMA MAULIDIAH FIRDAUSI, 12201173411 (2022) PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Penerapan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar" ini ditulis oleh Risma Maulidiah Firdausi, NIM. 12201173411, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I. Kata Kunci : Penerapan, Inquiry, Kreativitas belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya seorang pendidik dalam melaksanakan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar. Diperlukan suatu metode pembelajaran supaya peserta didik dapat memahami dan menguasai materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 3) Bagaimana Evaluasi Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan triangulasi, perubahan sejawat, dan memperpanjang keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah sebagai berikut : membuat RPP, menyusun penugasan, mempertimbangkan bentuk tugas, dan mengaitkan dan memilih KI dan KD. 2) Pelaksanaan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah sebagai berikut : mengetahui dan menyesuaikan bentuk tugas atau penugasan dari materi yang akan diberikan , perlu diperhatikan dalam penyusunan soal tes tertulis maupun bentuk penugasan, dan pelaksanaan metode inquiry bisa dilakukan di penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan. 3) Evaluasi Metode Inquiry dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah sebagai berikut : memberikan beberapa variasi tugas, memberikan penilaian terhadap tugas individu dan dengan skor lebih besar dari pada tugas kelompok, dan melakukan evaluasi setelah metode inquiry diterapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173411 Risma Maulidiah Firdausi
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:22
Last Modified: 15 Aug 2022 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item