PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

IRMA FATCHATUL MUNA, 17205163021 (2022) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Game online Terhadap Konsentrasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Irma Fatchatul Muna, NIM 17205163021. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU TULUNGAGUNG), 2021 yang dibimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. NIP. 197608272005011055. Kata kunci : Game online, Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi arus globalisasi yang semakin maju sehingga perkembangan tekhnologi yang semakin maju dan semakin canggih menghasilkan berbagai macam produk tekhnologi yang memenuhi kebutuhan manusia, salah satunya game online. Game online ini merupakan alat yang digunakan untuk menjadi hiburan bagi pemain. Salah satu pemain game online adala seorang pelajar, dimana bagi pelajar pasti berdampak pada konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa di MIN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di MIN 4 Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh game online terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasinya yang digunakan adalah seluruh siswa-siswi MIN 4 Tulungagung, sampel yang digunakan adalah siswa-siswi kelas VA dan VB di MIN 4 Tulungagung yang berjumlah 30 orang. Tekhnik sampling yang digunakan Nonprobability Sampling dan jenis Sampling Purposive, tekhnik dan instrument pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sebelumnya dianalisis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi sederhana dan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS Statistik 18.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa dengan hasil T hitung = 3,609 dengan nilai sign 0,001 dengan nilai T tabel = 2,051. Maka sehingga T hitung > T tabel dan taraf sign 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H 0 ditolak dan H 1 diterima yang berarti ada pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa. (2) Ada pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa dengan hasil T hitung = 4,280 dengan nilai sign 0,000 dengan nilai T tabel = 2,051. Maka sehingga T hitung > T tabel dan taraf sign 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H 0 ditolak dan H 1 diterima yang berarti ada pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root dengan hasil nilai signifikansi adalah 0,000. Jadi, nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga diambil keputusan H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti game online mempunyai pengaruh signifikan secara statistic terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163021 IRMA FATCHATUL MUNA
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:25
Last Modified: 10 Apr 2023 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29080

Actions (login required)

View Item View Item