FIKA KHIYAROTUN NUZUL, 17201163150 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMK Islam 2 Durenan” ini ditulis oleh Fika Khiyarotun Nuzul NIM. 17201163150. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd., Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Guru berperan dalam mendidik anak tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, khususnya guru PAI melakukan pengembangan aspek emosional dan spirituali merupakan aspek yang harus dimiliki yang memedakannya dengan guru bidang studi lainnya. Guru agama bukan sekedar sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi lebih dari itu, ia adalah sumber inspirasi dan emosional sekaligus sebagai pembimbing sehingga terjalin hubungan pribadi antara guru dengan anak didik yang cukup dekat dan mampu melahirkan keterpaduan bimbingan rohani dan akhlak dengan materi pengajarannya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja aspek kecerdasan emosional dan spiritual yang ditingkatkan dalam pembelajaran agama Islam di SMK Islam 2 Durenan? (2) Bagaimana peran guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual di SMK Islam 2 Durenan? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMK Islam 2 Durenan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini: (1) Aspek kecerdasan emosional yang ditingkatkan dalam pembelajaran agama Islam antara lain motivasi diri, mengelola emosi, dan membina hubungan baik dengan sesama. Aspek kecerdasan spiritual yang ditingkatkan dalam pembelajaran agama Islam antara lain kesadaran diri yang mendalam, pembiasaan dalam beribadah, dan gemar berdo’a. (2) Peran guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional adalah memberikan arahan, menjadi tokoh yang beredukator, dan memotivasi. Dalam hal ini terdapat bentuk kegiatan antara lain guru mengawasi kedisplinan siswa, seperti cara berpakaian, sikap di kelas yang baik dan kedisiplinan dalam masuk kelas. Guru mencontohkan kedisplinan. (3) Faktor pendukung pengembangan kecerdasan emosional antara lain guru, metode, dan strategi pembelajaran, orang tua dan lingkungan, dan motivasi diri siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dari orang tua, minimnya motivasi diri pada siswa, dan kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua di rumah (wali murid). Faktor pendukung pengembangan kecerdasan spiritual terdapat pada kesadaran diri akan potensi qalbu dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu fisiologis dan psikologis, lingkungan dan teknologi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > EQ Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > SQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163150 FIKA KHIYAROTUN NUZUL |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:23 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29086 |
Actions (login required)
View Item |