STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL – QUR’AN JUZ 30 KELAS 3 DI SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

FARIHATUN NISAK, 12205183107 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL – QUR’AN JUZ 30 KELAS 3 DI SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an Juz 30 Kelas 3 Di SD Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Farihatun Nisak, NIM 12205183107, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an Juz 30 Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena banyaknya progam tahfidz yang dibentuk dalam lembaga pendidikan formal sebagai upaya peningkatan mutu dari suatu lembaga pendidikan. Melihat hal tersebut, dalam pelaksanaan diperlukan strategi pembelajaran yang tepat supaya dapat belajar efektif dan efesien untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga peserta didik mencapai target hafalan yang telah ditetapkan oleh madrasah. Maka dari itu SD Islam Al Azhaar Tulungagung menggunakan strategi guru untuk memudahkan menghafal al-Qur‟an bagi peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an juz 30 kelas 3 di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an juz 30 kelas 3 di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an juz 30 kelas 3 di SD Islam Al Azhaar Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 1) Pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, 2) Sumber data: data primer dan data sekunder, 3) Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi, 4) Teknik analisis data adalah adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, 5) Pengecekan Keabsahan Temuan: keterpercayaan keteralihan, kebergantungan, kepastian. 6) Tahap – Tahap Penelitian: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap pelaporan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Perencanaan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an yaitu dibagi menjadi dua persiapan, (a) persiapan madrasah: kurikulum tahfidz di SD Islam Al Azhaar, Al-Qur‟an yang digunakan, pembelajaran yanbu‟a. (b) persiapan guru: perencanaan pembelajaran di SD Islam Al Azhaar tidak didasaarkan dengan RPP, Prota dan Promes, strategi penyampaian, metode yang digunakan muroja‟ah, yanbu‟a, tasmi‟ (setoran) dan talqin, evaluasi dalam pembelajaran tahfidz ialah berupa setoran. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an yaitu pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur‟an di aula (hall). Selain itu, setiap pertemuan peserta didik menyetorkan hafalan al-qur‟an. 3)Evaluasi strategi guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an yaitu dengan setoran, dan penilaian ujian pembelajaran tahfidz itu dinilai dari kelancaran, makhrojul hurufnya dan tajwidnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183107 FARIHATUN NISAK
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:42
Last Modified: 08 Aug 2022 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item