PENERAPAN METODE QIRO'AH (NAGHAM TILAWAH) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRI KELAS 4 MADIN TARBIYATUL MUBALLIGHIN DESA SUMBERJO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR

NELA NUR SAFAAH, 12201183268 (2022) PENERAPAN METODE QIRO'AH (NAGHAM TILAWAH) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRI KELAS 4 MADIN TARBIYATUL MUBALLIGHIN DESA SUMBERJO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul penerapan metode Qiro'ah (Nagham Tilawah) dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al Qur'an santri kelas 4 Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Ditulis oleh Nela Nur Safaah Nim 12201183268 supervisor Bapak Machrup Eko Cahyono M.Pd.I NIP. 198902162019031004. Kata Kunci: Metode Qiro'ah, Kemampuan, Santri. Konteks penelitian dalam skripsi ini bahwasanya Salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang menyediakan pembelajaran Al-Qur’an untuk anak-anak adalah Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Di antara banyak lembaga yang ada di Desa Sumberjo, lembaga ini adalah lembaga yang besar dan memiliki banyak santri yang aktif. Salah satu program unggulannya adalah Tahfidz Qur’an dan membaca AlQur’an menggunakan metode Qiro’ah. Lembaga ini tercatat menerapkan banyak metode pembelajaran, mulai dari yang klasikal hingga metode pembelajaran terbaru dengan berbagai inovasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana desain perencanaan Metode Qiro’ah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an santri kelas 4 Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana proses penerapan Metode Qiro’ah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 4 Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Metode Qiro’ah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an santri kelas 4 Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar? Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirnya Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberejo kecamatan Sanankulon Blitar tujuan didirikannya lembaga, sekaligus latar belakang penggunaan metode internalisasi. Dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang jumlah Ustadz/Ustadzah, jumlah santri dan jumlah sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Desa Sumberejo kecamatan Sanankulon Blitar Sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan metode internalisasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Qiro'ah menggunakan Nagham Tilawah dalam meningkatkan kemampuan santri terbagi menjadi tiga bagian. (1) Desain perencanaan yang baik akan membantu tercapainya kegiatan pembelajaran kitab Qiro'ah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. (2) Dalam penerapan pembelajaran terdapat pendekatan klasikal yang sengaja dibuat untuk membantu santri agar lebih lancar dalam membaca dan memahami Al-Qur'an sedangkan dalam pendekatan baca simak hal ini berfungsi sebagai alat Ustadz/Ustadzah sebagai acuan untuk memberikan pengawasan dan penilaian terkait dengan perkembangan kepribadian santri setelah mendapatkan materi selama proses pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dibagi menjadi 3 bagian yaitu pre test yang digunakan di awal pembelajaran, evaluasi harian yang dilakukan oleh guru pembimbing untuk mengukur ketercapaian dalam tiap pertemuan dan evaluasi yang terakhir dilakukan di akhir semester untuk menentukan kelayakan santri untuk naik ke kitab berikutnya atau mengulang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183268 Nela Nur Safaah
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:27
Last Modified: 15 Aug 2022 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item