PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL DI MTsN 1 NGANJUK

GUMELAR ISMAYA, 12210183010 (2022) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL DI MTsN 1 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang berkualitas, kreatif, dan inovatif menjadi tuntutan pada era modern saat ini. Oleh sebab itu, pendidik diharapkan dapat memanfaatkan teknologi modern yaitu video animasi sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai penggunaan media video animasi dalam pembelajaran teks fabel. Media video animasi merupakan bentuk inovasi media pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat dan minat belajar siswa dalam pembelajaran teks fabel. Dengan menggunakan media video animasi, siswa dapat menceritakan kembali isi teks fabel sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran teks fabel menggunakan media video animasi di MTsN 1 Nganjuk, 2) pelaksanaan pembelajaran teks fabel menggunakan media video animasi di MTsN 1 Nganjuk, 3) evaluasi pembelajaran teks fabel menggunakan media video animasi di MTsN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan peneliti dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencanaan pembelajaran teks fabel dengan menggunakan media video animasi yaitu guru menyiapkan perangkat pembelajaran RPP, kemudian mempersiapkan video animasi yang akan digunakan dengan kriteria memiliki amanat yang baik, penyampaian atau pembawaan yang mudah dipahami oleh siswa. 2) pelaksanaan pembelajaran teks fabel dengan menggunakan media video animasi terdapat beberapa kegiatan meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3) evaluasi pembelajaran teks fabel dengan menggunakan media video dilakukan dengan evaluasi tertulis berupa rangkuman cerita fabel yang telah disimak menggunakan media video, serta evaluasi lisan dengan mengungkapkan kembali isi dari cerita fabel di depan kelas yang terdapat pada media video tersebut dengan siswa yang sangat antusias dan dapat diterima dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183010 GUMELAR ISMAYA
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:27
Last Modified: 10 Aug 2022 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item