MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di MA Progresif Ummul Quro Probolinggo Jawa Timur)

FATHULLAH, 12207183007 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di MA Progresif Ummul Quro Probolinggo Jawa Timur). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (Strudi Kasus di MA Progresif Ummul Quro Probolinggo Jawa Timur)” ini ditulis oleh Fathullah, NIM.12207183007, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S,Ag., H.M.I Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar, Peserta Didik Manajemen kesiswaan dalam sebuah lembaga pendidikan merupakan salah satu keharusan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di pendidikan. Dengan pengelolaan kesiswaan yang baik akan menciptakan tempat belajar mengajar yang sangat efektif dan efisien, kendala sebuah lembaga pendidikan yaitu di penyesuaian peserta didik dalam lingkungannya yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (2) Bagaimana pengorganisasian kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (3) Bagaimana pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (4) Bagaimana evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan dalam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pengorganisasian dalam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (3) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan dalam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (4) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi dalam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan keterpercayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kesiswaan kepala sekolah membentuk panitia untuk menjalankan proses kegiatan dan strategi untuk menarik minat peserta didik, banyak sekali strategi kepala sekolah untuk mempromosikan sekolahnya tersebut mulai dari menyebar brousur, presentasi kesekolah SMP dan sedrajat dan juga mempromosikan di sosial media. (2) Pengorganisasian merupakan proses pengelompokan peserta didik baru supaya terjadi tata letak yang baik dan optimal, tiap peserta didik memiliki kempuan dan bakat masing-masing dan itu harus dikelompokkan dnegan bakat mereka sendiri supaya terjadi proses belajar mengajar yang evektif dan efisien. (3) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dilakukan kepala sekolah dengan mengelompokkan peserta didik dengan menggunakan jalur tes agar peserta didik tidak salah dalam memilih jurusan dan bisa menyesuaikan dengan bakat mereka masing-masing. Peraturan-peraturan juga diterapkan oleh kepala sekolah agar peserta didik bisa terbiasa disiplin dalam lingkungannya. (4) Eevaluasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan kontrol terhadap kinerja organisasi. Pada pengevaluasian kesiswaan kepala sekolah mengadakan rapat rutin tiap semester untuk mengetahui peningkatan dan penurunan belajar peserta didik, dengan rapat tiap semestar kepala sekolah bisa mengetahui nilai-nilai siswa apakah nilai tiap kelas menurun atau naik, dengan begitu kepala sekolah bisa memperbaiki atau mengevaluasi kesalahan atau apa yang kurang dalam proses belajar mengajar tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183007 FATHULLAH
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:01
Last Modified: 09 Aug 2022 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29113

Actions (login required)

View Item View Item