NUR AFIFATUL AZIZAH, 12205183190 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI MASA PANDEMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDI ANNAHAR BADAS. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (399kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pada pembelajaran tematik, ketika kegiatan pembelajaran berlangsung menggunakan metode yang kurang tepat, penggunaan media yang kurang dikembangkan. Hal tersebut menyebabkan kurang kondusifnya suasana kelas. Siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar, pembelajaran hanya terjadi satu arah yang hanya berfokus pada guru (teacher centered) sehingga berdampak pada hasil belajar pada kemampuan afektif dan kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan afektif siswa kelas III SDI Annahar Badas.(2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan kognitif siswa kelas III SDI Annahar Badas (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan afektif dan kognitif siswa kelas III SDI Annahar Badas. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III di SDI Annahar Badas dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan afektif siswa melalui hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,012, dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (2) adanya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan kognitif siswa melalui hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai Sig. xvi (2-tailed) sebesar 0,029, dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (3) adanya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping di masa pandemi terhadap peningkatan hasil belajar pada kemampuan afektif dan kognitif siswa melalui uji Manova, diperoleh harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,004 > 0,05, yang artinya harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semuanya signifikan dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183190 NUR AFIFATUL AZIZAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:06 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29117 |
Actions (login required)
View Item |