UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

META DAFAYANTI, 12201183075 (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI Dalam Menerapkan Teknologi Digital Pada Pembelajaran Daring di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Meta Dafayanti NIM: 12201183075, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Abdul Shomad Very Eko A,S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Guru PAI, Tantangan Konteks penelitian ini menitikberatkan pada pentingnya upaya guru dalam menggunakan tekhnologi digital dalam menghadapi era society 5.0 yang secara umum menerapkan sistem pembelajaran daring, Dalam menghadapi era society 5.0 ini guru pendidikan agama islam harus mampu mengahadapi tantangan-tantangan- yang ada sekarang ini. Selain itu guru pendidikan agama islam harus mempunyai kemampuankemampuan utama untuk mengatasi persoalan yang muncul, guru harus mampu beradaptasi dan meningkatkan kemampuan secara personal dalam membimbing peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apa saja tantangan guru PAI dalam menghadapi Era Society 5.0 pada peserta didik di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana mekanisme guru PAI dalam menghadapi Era Society 5.0 pada peserta didik di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2021/2022? Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya SMPN 1 Sumbergempol tujuan didirikannya SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sekaligus latar belakang Upaya Guru dalam menerapkan tekhnologi digital dalam sistem pembelajaran daring Dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang jumlah pengajar, jumlah santri dan jumlah sarana dan prasarana yang ada di SMPN 1 Sumbergempol, Sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang upaya yang diterapkan guru dalam menghadapi era society 5.0 dengan penerapan tekhnologi digital dalam sistem pembelajaran daring Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru untuk memudahkan peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode baru yang membuat peserta didik mampu memahami materi-materi yang abstrak dikarenakan dengan bantuan teknologi 2. Tugas dan peranan Guru selanjutnya adalah mengontrol kegiatan belajar, membantu kesulitan belajar, menjamin hasil belajar berkualitas, mengevaluasi pembelajaran, juga tantangan maupun kendala yang dihadapi oleh guru pada saat era society 5.0 ini, guru harus meningkatkan sarana pendukung pembelajaran harus dikembangkan lagi untuk peserta didik seperti halnya peserta didik yang tidak mempunyai teknologi informasi untuk mengikuti pembelajaran secara daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183075 Meta Dafayanti
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:38
Last Modified: 09 Aug 2022 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29127

Actions (login required)

View Item View Item