PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA KELAS V MIN 4 TULUNGAGUNG

ALFA ROHMATUN NI'MAH, 12205183327 (2022) PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA KELAS V MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang kian berkembang dalam abad ke 21 terutama dalam dunia Pendidikan, internet sudah menjadi hal yang umum terjadi dan menuntut siswa untuk berpikir kritis dalam menanggapi informasi yang didapat. Selain dari perekembangan abad ke 21, teknologi juga memiliki pengaruh pembangunan lingkungan pada system pembelajaran yang ramah lingkungan. Guna memujudkan pembelajaran yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan kertas dalam dunia Pendidikan. Cara mengatasi agar siswa termotivasi dan minat dalam belajar khususnya dalam kegiatan penilaian dapat menggunakan Google form. Penggunaan google form ini dapat digunakan dalam kegiatan penilaian, karena dalam penggunaan google form siswa menjadi lebih tertarik dalam mengerjakan soal-soal. Sehingga siswa menjadi bersemangat dalam mempelajari soal-soal dan mengerjakan semaksimal mungkin. Penggunaan alat dalam kegiatan penilaian yang menarik diharap mampu menumbuhkan minat baca siswa agar kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa tercapai seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penggunaan google form dalam mata pelajaran Tematik kelas V MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas V MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penggunaan google form terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas V MIN 4 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan penggunaan google form dalam mata pelajaran Tematik kelas V MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan penggunaan google form dalam mengukur berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas V MIN 4 Tulungagung.(3) Untuk mengetahui hasil penggunaan google form terhadap berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas V MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Data diperoleh dari waka kurikulum, guru kelas V dan siswa kelas V-B. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa fakta-fakta dilapangan terkait dengan penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi kelas V. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari informan tentang penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi kelas V. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat data tentang dokumen yang terkait. Hasil penelitian (1) perencanaan penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berfiir tingkat tinggi siswa kelas V yaitu yang pertama pembuatan RPP, penyusunan isntrumen penilaian, menyiapkan google form (2) Penerapan penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas V-B yang dilaksanakan saat kegiatan pembelajaran. Dilaksanakan saat kegiatan pembelajaran dan dilakukan saat kegiatan evaluasi sumatif dan formatif. (3) Hasil dari penggunaan google form dalam mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas V-B yaitu dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengerjakan soal. Sehingga mampu mengerjakan soal dalam ranah kognitif khususnya berbasis HOTS dengan baik. Dilihat dari hasil dari pengejaan siswa kelas V-B yang memperoleh rata-rata 81,71. Selain itu juga dalam menjawab soal uraian siswa juga menjawab dengan tepat. Serta dapat membantu guru dalam proses penilaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183327 ALFA ROHMATUN NI'MAH
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:13
Last Modified: 09 Aug 2022 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item