PENGARUH KOMPETENSI KEPALA MADRASAH TERHADAP BUDAYA KERJA TENAGA PENDIDIK DI MAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

IMANIA FATWA IZZULKA, 128501203011 (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPALA MADRASAH TERHADAP BUDAYA KERJA TENAGA PENDIDIK DI MAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Kompetensi kepala madrasah bagi seorang pemimpin institusi pendidikan merupakan hal yang krusial dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Citra sebuah lembaga pendidikan sedikit banyak ditentukan oleh kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan, khususnya di lembaga yang dipimpinnya. Selain itu, berkaitan dengan mutu pendidikan madrasah, sudah semestinya budaya kerja yang positif bagi tenaga pendidik juga perlu dibangun untuk menunjang tercapainya cita-cita pendidikan. Dengan demikian, dalam rangka membangun budaya kerja yang positif, diperlukan kontribusi kepala madrasah berupa kompetensi-kompetensi tertentu. Menyadari bahwa tiap lembaga pendidikan tidak selalu memiliki budaya kerja yang positif menimbulkan adanya gap antara harapan dan kenyataan di lapangan mengenai mutu pendidikan saat ini. Oleh karena itu, dalam hal ini penelitian yang diambil bertema kompetensi kepala madrasah dan budaya kerja tenaga pendidik. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana deskripsi kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi sosial, kompetensi kewirausahan kepala madrasah dan budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian terhadap kompetensi manajerial kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi manajerial terhadap kompetensi supervisi kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (4) Apakah terdapat pengaruh kompetensi supervisi terhadap kompetensi sosial kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (5) Apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial terhadap kompetensi kewirausahaan kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (6) Apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (7) Apakah terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (8) Apakah terdapat pengaruh kompetensi supervisi kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (9) Apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (10) Apakah terdapat pengaruh kompetensi kewirausahaan kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (11) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik melalui kompetensi manajerial kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (12) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik melalui kompetensi supervisi kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (13) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi supervisi kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik melalui kompetensi sosial kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? (14) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi sosial kepala madrasah terhadap budaya kerja tenaga pendidik melalui kompetensi kewirausahaan kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Tulungagung. Sampel diambil dari ketiga lembaga tersebut secara proporsional dengan jumlah total 138. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengisian kuesioner tertutup. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analyze). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Deskripsi kompetensi kepala madrasah dan budaya kerja tenaga pendidik, yaitu: (a) Kompetensi kepribadian dengan rata-rata 61,52, nilai tengah 61,31, dan standar deviasi 4,133; (b) Kompetensi manajerial dengan rata-rata 103,43, median 102,71, standar deviasi 7,863; (c) Kompetensi supervisi dengan rata-rata 25,67, median 25,58, standar deviasi 1,994; (d) Kompetensi sosial dengan rata-rata 47,41, dan median 47,68, serta standar deviasi 3,976; (e) Kompetensi kewirausahaan : rata-rata 43,76, median 43,45, dan standar deviasi 2,983; (f) Budaya kerja tenaga pendidik dengan rata-rata 83,97, median 84,05 dan standar deviasi 5,643. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap X2 yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 11,382 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan X2 terhadap X3 yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 15,780 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan X3 terhadap X4 yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 14,475 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan X4 terhadap X5 yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 11,866 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung 4,301 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan X2 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 4,970 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (8) Terdapat pengaruh yang signifikan X3 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 3,625 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (9) Terdapat pengaruh yang signifikan X4 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 4,573 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (10) Terdapat pengaruh yang signifikan X5 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 6,311 > ttabel 1,977 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (11) Terdapat pengaruh secara tidak langsung X1 terhadap Y melalui X2 yang ditunjukkan oleh ρy.x1¬x2 0,619 > ρyx1 0,346. (12) Terdapat pengaruh secara tidak langsung X2 terhadap Y melalui X3 yang ditunjukkan oleh hasil ρy.x2-x3 0,630> ρyx2 0,392. (13) Terdapat pengaruh secara tidak langsung X3 terhadap Y melalui X4 yang ditunjukkan oleh ρy.x3¬x4 0,581 > ρyx3 0,297. (14) Terdapat pengaruh secara tidak langsung X4 terhadap Y melalui X5 yang ditunjukkan oleh ρy.x4¬x5 0,704 > ρyx4 0,365.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Kinerja Pegawai
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Masyarakat Islam
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Sosiologi Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17201163012 IMANIA FATWA IZZULKA
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:17
Last Modified: 10 Aug 2022 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item