PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA CLASSIC (OFFLINE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

ARIEF HIDAYATULLOH AFHAMI, 12204183190 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA CLASSIC (OFFLINE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Geogebra Classic (Offline) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Arief Hidayatulloh Afhami, NIM. 12204183190, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Geogebra, Pemahaman Konsep Matematika. Geogebra adalah aplikasi yang dikembangkan Markus Hohenwarter mulai tahun 2001 berupa sistem geometri dinamis yang dapat mengkontruksikan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, bahkan dapat memvisualisasikan konsep-konsep matematika, dan alat bantu mengontruksi konsep-konsep tersebut meliputi geometri, aljabar, dan kalkulus. Sehubungan dengan penelitian yang dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika, salah satunya di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Hal ini disebabkan karena siswa hanya diposisikan sebagai pendengar dan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran, akibatnya siswa menjadi kurang bersemangat dan pasif dalam belajar. Maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan Geogebra. Dengan Geogebra, siswa akan belajar dengan melibatkan lebih banyak indra mereka sehingga keberhasilannya pun menjadi lebih tinggi serta dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif, dan bukan hanya mengajarkan untuk menghafal tetapi juga untuk memahami materi/konsep. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Classic (offline) terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek; (2) seberapa besar pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Classic (offline) terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimental desain The One-Group Pretest-Posttest Control Design. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek tahun ajaran 2021/2022 dengan mengambil sampel kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji paired sample t test berbantuan SPSS 26.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan berikut: (1) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Classic (offline) terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek; (2) adapun besarnya pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Classic (offline) terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Durenan Trenggalek yakni berdasarkan hasil perolehan nilai Cohen’s d = 3,504 yang termasuk dalam kategori berefek kuat (strong effect) dengan persentase 97,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183190 Arief Hidayatulloh Afhami
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:46
Last Modified: 09 Aug 2022 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item