RAHMASANI MAULIDIYA, 12201183247 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KESOPANAN PESERTA DIDIK DI MTSN 5 MADIUN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Kesopanan Peserta Didik di MTsN 5 Madiun“ ini ditulis oleh Rahmasani Maulidiya, NIM. 12201183247, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Sokip, S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Guru, Kesopanan, Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyimpangan yang terjadi dalam lingkup pelaksanaan pendidikan didominasi dari aspek sosial, karena kurang adanya pembinaan secara terkontrol dan berkelanjutan. Maka perlu adanya upaya penanaman kesopanan terhadap para Peserta Didik, dengan harapan agar dapat meminimalisir dan mencegah adanya penyimpangan dalam pelaksanaan pendidikan. MTsN 5 Madiun menjadi contoh dalam penanaman kesopanan pada Peserta Didik dalam setiap kegiatan pembelajaran. Peran para Guru sangatlah penting dalam mendidik siswa-siswinya untuk mencetak generasi yang paham betul dalam penerapan kesopanan. Terdapat beberapa strategi penanaman kesopanan pada peserta didik di MTsN 5 Madiun yang menjadikan keunggulan dari lembaga pendidikan lainnya. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi Guru Akidah Akhlak dalam menanamkan kesopanan peserta didik, serta untuk menambah wawasan dan dapat dijadikan ambahan dalam memperkaya ilmu serta dapat digunakan sebagai refrensi bagi guru dalam strategi menanamkan kesopanan terhadap peserta didik. Bagi sekolah, sebagai masukan dalam menanamkan kesopanan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian dalam bentuk studi kasus. Peneliti menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan strategi dalam penanaman kesopanan pada peserta didik. Wawancara diajukan kepada Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak dan peserta didik di MTsN 5 Madiun. Dokumentasi terhadap data dan hasil laporan yang ada pada objek penelitian, mengenai profil sekolah, gambar pembelajaran online dan perekaman hasil wawancara, latar belakang, sejarah, visi dan misi, struktur organisasi, keadaan peserta didik, guru, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencaaan strategi Guru Akidah Akhlak dalam menanamkan kesopanan pada peserta didik di MTsN 5 Madiun dengan menggunakan metode nasehat yang selalu disisipi dalil-dalil Al Qur’an dan Hadits Pelaksanaannya sesuai dengan buku pedoman dan dijelaskan mengenai hukum-hukum akhlak atau perilaku yang diterapkan sehari-hari. Hal ini menjadikan peserta didik merasa termotivasi untuk menerapkan dan menanamkan kesopanan. Evalusi yang digunakan ialah evalusi sumatif yang dilakukan pada penilaian akhir semester, serta evalusi diasnostik yang bertujuan untuk mengatasi/membantu pemecahan kesulitan atau hambatan yang dialami anak didik waktu mengikuti kegiatan belajar mengajar pada suatu bidang studi atau keseluruhan program pengajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183247 RAHMASANI MAULIDIYA |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 02:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29175 |
Actions (login required)
View Item |