Anita Dewi Juariah, 128505203003 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO CARD DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Domino Card dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Anita Dewi Juariah, NIM.128505203003, Pembimbing I, Prof. Dr. Mohamad Jazeri. M.Pd, Pembimbing II, Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Minat Belajar Pengembangan media pembelajaran domino card ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa media pembelajaran yang ada di sekolah masih kurang. Oleh sebab itu daya minat belajar siswa berkurang karena cepat bosan sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain media domino card dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran domino card dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) bagaimana implementasi media domino card dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 4 Tulunggaung? (4)Bagaimana efektivitas media pembelajaran domino card dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 4 Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan(1)mengetahui desain media pembelajaran domino card dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung. (2)Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran domino card dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung.(3)Untuk mengetahui implementasi media domino card dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung. (4) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran domino card dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MIN 4 Tulungagung Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan ke dalam langkah-langkah utama hingga menjadi 5 tahapan diantaranya adalah sebagai berikut (1) Analisis kebutuhan, (2) Desain produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba skala kecil dan revisi, (5) Uji coba lapangan dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) Desain media yang diharapkan guru dan siswa adalah media yang menarik serta mendukung pembelajaran, Media yang dihasilkan mampu meningkatkan minat belajar siswa, (2) Hasil validasi produk oleh 3 ahli media rata-rata sebesar 86%. Uji validasi dari ahli materi diperoleh penilaian dari 3 validator rata-rata sebesar 86%. uji lapangan yang dilakukan terhadap siswa yaitu dengan mewawancarainya diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan peneliti sudah bagus dan menarik minat siswa untuk belajar. (3) implementasinya yaitu guru melakukan pembelajaran di kelas dengan memberi salam sampai penggunaan media dan diakhiri dengan penutup.(4) Berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig (two-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan nilai sig (two-tailed) < sig level (0,00 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Uji manova menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media domino dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | anita dewi juariah |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 06:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29177 |
Actions (login required)
View Item |