IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQIH DI MIN 14 BLITAR

NURUL HIDAYATI, 12205183185 (2022) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQIH DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilihat dalam fenomena peserta didik yang memang menggunakan media audio visual pada pelajaran fiqih di MIN 14 Blitar. Pengimplementasian dalam penggunaan media audio visual ini dalam pelajaran fiqih merupakan sebuah cara ataupun media yang bisa digunakan oleh guru dan juga peserta didik untuk mempermudah peserta didik menjadi paham sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar dan menjadi lebih daya ingat. Penggunaan media audio visual ini digunakan oleh guru dengan melakukan beberapa perencanaan yang mana hal ini menjadi hal yang penting sebelum memulai pembelajaran. Media audio visual ini adalah media yang efektif digunakan dalam pelajaran fiqih dari kelas 1-6 karena dirasa peserta didik mampu untuk menerima dan memahami isi materi yang diajarkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar? 2. Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar? 3. Bagaimana hambatan dan solusi dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar? Tujuan penelitian yaitu, 1. Untuk mengetahui perencanaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar, 2. Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar, 3. Untuk mengetahui hambatan dan juga solusi media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik di MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelituan deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 14 Blitar. Sumber data yang diperoleh dari dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk melakukan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan, (3) triangulasi. Hasil penelitiannya: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum memutuskan untuk menggunakan media audio visual sebagai media yang digunakan untu pelajaran fiqih. Guru melakukan pertimbangan dengan cara mengamati apakah dengan menggunakan media audio visual ini cocok dan bisa digunakan dalam penyampaian pelajaran fiqih. Guru membuat RPP untuk mempermudah dalam penyampaian guna mencegah kegagalan dalam proses belajar mengajar. 2) Penggunaan media audio visual ini cocok digunakan pada pelajaran apapun terlebih pada pelajaran fiqih karena dalam pelajaran fiqih ini didalamnya banya materi yang ada beberapa harus praktek. Penggunaan media audio visual dapat memperlancar pembelajaran fiqih. Guru menyampaikan materi menggunakan media ini melalui LCD. 3) Guru harus bisa mungkin menangani dari beberapa hambatan dengan menemukan solusi yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan termotivasi untuk selalu belajar dan meningkatkan daya ingat materi yang disampaikan guru agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183185 NURUL HIDAYATI
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:34
Last Modified: 10 Aug 2022 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29180

Actions (login required)

View Item View Item