PENERAPAN METODE FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MI DARUL HUDA NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG

FIRDATUL FITRIANI, 12205183196 (2022) PENERAPAN METODE FUN TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MI DARUL HUDA NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Didalam proses pembelajaran Tematik, siswa kelas 1A MI Darul Huda Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung dibiasakan untuk terlibat aktif didalam proses pembelajaran, apabila siswa tidak diselingi dengan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan siswa kelas 1A akan bosan, dan jenuh ketika guru kencang materi saja. Usia kelas 1A, masih masa peralihan dari TK ke MI, pada usia ini seorang guru harus pandai-pandai untuk menggunakan metode yang dapat menggugah semangat belajar siswa kelas 1A. Metode fun teaching adalah metode yang menciptakan suasana belajar yang bergembira dan menyenangkan. Adapun yang menjadikan rumusan masalah adalah (1) Bagaimana proses penerapan metode fun teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia (2) Bagaimana proses penerapan metode fun teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan Matematika (3) Bagaimana proses penerapan metode fun teaching untuk meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran tematik muatan PenjasOrkes Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, peneliti mendapatkan sumber data melalui wawancara, dari wawancara sekilas terkait metode fun teaching dengan kepala madrasah, guru wali kelas 1A, serta beberapa siswa kelas 1A MI Darul Huda Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dilapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan peneliti dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Didalam penelitian, peneliti menganalisis muatan sendiri setelah wali kelas 1A menjelaskan materi tematik menggunakan metode fun teaching. Adapun hasil penelitian: (1) didalam muatan Bahasa Indonesia, dapat diterapkan metode fun teaching bercerita, bernyanyi, tebak kata, tebak gambar. Didalam penerapan metode fun teaching ini peneliti melihat siswa kelas 1A merasa tertarik, senang serta termotivasi. (2) didalam muatan Matematika, dapat diterapkan metode fun teaching, bercerita, tebak gambar, bernyanyi. Didalam penerapan metode fun teaching ini peneliti melihat siswa kelas 1A merasa senang, tertarik, termotivasi untuk menerapkan dan mudah mengingat materi yang diajarkan setelah menerapkan metode yang menyenagkan. (3) dalam muatan PenjasOrkes dapat diterapkan metode fun teaching, bernyanyi, tebak gambar dan bermain didalam penerapan metode fun teaching peneliti melihat siswa kelas 1A terlibat aktif untuk mempraktekkan, dan secara otomatis siswa merasa senang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183196 FIRDATUL FITRIANI
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:42
Last Modified: 10 Aug 2022 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item View Item