RIF’ATUL KASANAH, 12204183162 (2022) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (887kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (882kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (482kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas VIII MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Rif’atul Kasanah, NIM. 12204183162, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Open-Ended, Gaya Belajar Kemampuan penalaran siswa Indonesia saat ini masih kurang atau rendah. Dari survei yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2018, survei tersebut menempatkan Indonesia diperingkat ke-73 dengan skor rata-rata 379, turun dari peringkat 63 pada tahun 2015. Penalaran adalah sesuatu aktivitas, proses ataupun aktivitas berpikir yang mendapatkan kesimpulan ataupun membuat sesuatu statment baru yang benar yang sudah teruji kebenarannya. Soal open-ended adalah soal dengan banyak cara untuk menemukan satu jawaban benar. Gaya belajar adalah sebuah cara pembelajaran unik yang dimiliki setiap individu dalam proses pembelajaran yaitu menyeleksi, menerima, menyerap, menyimpan, mengolah, dan memproses informasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal open-ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 5 Kediri, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal open-ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 5 Kediri, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal open-ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini ada 6 siswa kelas VIII-H MTsN 5 Kediri dengan kriteria gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan pengamatan, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual sudah mampu dalam memenuhi indikator penalaran matematis yaitu menarik kesimpulan yang logis, melakukan analogi dan generalisasi, memeriksa kesahihan dari pernyataan dengan tepat dan benar, 2) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditori sudah mampu dalam memenuhi indikator penalaran matematis yaitu menarik kesimpulan yang logis, melakukan analogi dan generalisasi, memeriksa kesahihan dari pernyataan dengan baik, walaupun terdapat kesalahan rumus pada proses penyelesaian, 3) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik sudah mampu dalam memenuhi indikator penalaran matematis yaitu menarik kesimpulan yang logis, membuat analogi dan generalisasi, memeriksa kesahihan dari pernyataan dengan benar, namun terdapat siswa yang menjawab soal tersebut dengan cara yang berbeda.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183162 RIF’ATUL KASANAH |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 08:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 08:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29198 |
Actions (login required)
View Item |