IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 1 TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RIMA KUSUMANING ARUM, 17205153190 (2022) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 1 TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Eksperimen dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 1 Tanjungsari,” yang di tulis oleh Rima Kusumaning Arum, NIM. 17205153190, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Metode Eksperimen dan Motivasi Belajar Siswa Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang cara penyajian bahan dimana siswa melakukan percobaan dan mengalaminya sendiri, membuktikan sendiri, melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati obyek, menganalisa, menarik kesimpulan tentang suatu obyek, keadaan atau proses sesuatu. SDN 1 Tanjungsari adalah salah satu sekolah yang menerapkan metode eksperimen dalam proses kegiatan pada materi tertentu. Bagi SDN 1 Tanjungsari metode eksperimen sangat penting dalam proses pembelajaran dan dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi siswanya. Siswa menjadi senang, aktif, dan lebih faham dengan materi yang diajarkan. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimanakah perencanaan metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari?, 2) Bagaimanakah implementasi metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari?, 3) Bagaimanakah evaluasi metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus guna memahami fenomena sosial yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Perencanaan metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari, yakni Guru SDN 1 Tanjungsari mempersiapkan peralatan dan bahan untuk penelitian, mempersiapkan waktu dan lokasi penelitian, dan merancang tujuan penelitian. 2) Implementasi metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari, yakni guru SDN 1 Tanjungdari dalam pelaksanaan penelitian yaitu dimulai dari tahap pertama yaitu persiapan penelitian, kedua yaitu pelaksanaan penelitian, dan ketiga yaitu proses evaluasi penelitian. 3) Evaluasi metode eksperimen dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Tanjungsari, yakni setiap 2 minggu sekali Kepala Sekolah dan semua guru melakukan evaluasi metode pembelajaran, termasuk metode eksperimen, membahas bagaimana hasil dari metode eksperimen tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205153190 RIMA KUSUMANING ARUM
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:37
Last Modified: 29 Jul 2022 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item