PENERAPAN REGRESI PANEL DALAM MENGANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MARKET SHARE BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2020

YUSSITA FITRIANI, 12401173227 (2022) PENERAPAN REGRESI PANEL DALAM MENGANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MARKET SHARE BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Regresi Panel dalam Menganalisis Faktor yang Mempengaruhi terhadap Market Share Bank Umum Syariah Periode 2012 - 2020” yang ditulis oleh Yussita Fitriani, NIM. 12401173227, dibimbing oleh Rendra Erdkhadifa, M.Si Perkembangan perbankan syariah hingga saat ini terus didorong oleh otoritas perbankan yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menuju industri perbankan syariah yang sehat, berkelanjutan, dan berkontribusi positif dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional. Bank syariah di Indonesia juga lambat laun mengalami kemajuan. Kemajuan perbankan syariah didukung dari ketiga aspek yakni jumlah unit dan kantor, total asset, serta perkembangan pembiayaan dapat dicapai dengan penguasaan pangsa pasar yang baik. Pangsa pasar atau dikenal dengan penguasaan pasar telah menjadi pusat perhatian perusahaan dalam menilai kekuatan pasar. Keuntungan yang diperoleh dari pangsa pasar mencerminkan keuntungan pasar karena perusahaan memproses keinginan pasar, atau efisiensi yang lebih baik karena mencapai skala ekonomi. Market share adalah bagian pasar yang mampu dikuasai oleh perusahaan apabila dibandingkan dengan penjualan seluruh industrinya (total penjualan perusahaan yang sejenis). Pergerakan market share atau pangsa pasar perbankan syariah tidak terlepas dari pengaruh indikator keuangan yang menjadi parameter dalam sistem operasional perbankan syariah. Indikator tersebut diantaranya adalah perkembangan dana pihak ketiga (DPK) dan kinerja keuangan bank Dalam indikator-indikator tersebut dipaparkan rasio-rasio keuangan yang mengukur seberapa besar kemampuan bank dalam mengelola keuangannya. CAMELS (Capital, Assets, Managemen, Earning, Likuidity, dan Sensitivity to Market Risk). Beberapa rasio keuangan yang dapat mewakili CAMELS adalah Return on Assets (ROA), Non Performing Financing (NPF), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional Bank (BOPO). Penelitian ini menggunakanijenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan apa yang terjadi diantara dua variabel atau lebih. Penelitian ini untuk memahami pengaruh rasio keuangan dan jumlah kantor terhadap market share bank umum syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank syariah yang terdaftar dalam OJK. Seluruh bank tersebut terdiri dari 4 bank syariah pemerintah, 13 bank swasta syariah, 13 unit usaha syariah, dengan total populasi sebanyak 30 perbankan syariah yang terdaftar di OJK. Hasil penelitian menunjukkan secara serentak DPK, NPF, ROA, BOPO, dan Jumlah kantor berpengaruh positif signifikan terhadap market share. Secara parsial DPK, NPF, BOPO, dan Jumlah kantor berpengaruh signifikan terhadap market share. Sedangka ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap market share. Kata kunci: DPK, NPF, BOPO, ROA, Jumlah Kantor, dan Market Share

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173227 YUSSITA FITRIANI
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:43
Last Modified: 18 Aug 2022 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item